Monday, October 31, 2011

Indonesia never ending journey...

Indonesia, buat saya indonesia adalah perjalanan yang tiada akhirnya.
jika banyak orang yang berkeinginan untuk keliling dunia,
-belum buat saya-
karena saya ingin menjelajah indonesia terlebih dahulu,,,

Buat saya, menjelajah indonesia pasti tidak ada puasnya,
karena indonesia dari ujung barat sampai timur, dari utara ke selatan,
banyak memiliki kekayaan alam tak terhingga,
mulai dari pantai, gunung, danau, kebun, dll.

Buat saya, indonesia adalah pengalaman tanpa batas :)


Batam,,,
kebanyakan orang, kalo denger kata Batam, pasti dikaitkan dengan Singapur.
karena ke negerinya belanja ini, tinggal nyebrang aja (asal modal paspor tentunya).
tapi buat saya, bukan hal ini yang bikin saya pengen balik lagi ke Batam.
bukan juga karena pertama kali ke Batam saya belum punya paspor... hehehe

Kekangenan saya ke Batam, adalah karena kulinernya yang rada bikin ketagihan
karena pada saat pertama kali ke Batam, saya dan teman-teman di ajak makan seafood disana, dan ketemulah saya dengan yang namanya Gong-gong...
unik gitu.. dan rasanya buat saya cukup enak.
inilah yang bikin saya pengen balik lagi kesana...
alasan aja sih, emang aja Gong-gong itu ga bisa saya temuin di Jakarta...hehehe


Buat yang belum pernah liat penampakan Gong-gong, nih saya kasih liat...




Makassar | Ujung Pandang
Perjalanan saya akhirnya tiba juga di Makasar,
akhir tahun 2010 lalu, saya datang ke Pulau Sulawesi dan mengunjungi Makassar, Barru, Pangkep dan Maros.
walaupun untuk masalah pekerjaan -bukan rekreasi-
tapi saya merasa sangat beruntung,
karena saya bisa melihat tanah indonesia di belahan bumi yang lain,
kalau bukan karena pekerjaan, belum tentu saya bisa kesini... :)

selama di Makasar, saya menginap di Hotel Gapura.
hotel ini menyediakan kafe yang bisa melihat sunset secara langsung...
keren deh...



tidak jauh dari Hotel Pantai Gapura, kita bisa jalan kaki menuju Pantai Losari.
kata orang, "gak sah kalo ke Makasar ga ke Losari"
jadi, walaupun saya ke Makasar bukan buat holiday, udah sah dong karena udah ke Losari... hehehe...




Jayapura
pertama kali kesana, adalah awal tahun 2011 ini.
pengalaman pertama kali juga jarak terjauh saya di udara, berangkat jam 3 pagi dari kosan, karena pesawat yang akan saya naiki berangkat jam 5 pagi dari Jakarta. dan baru tiba di Jayapura sekitar jam 2 siang wit.
Walau hanya 3 hari disana, tp cukup berkesan buat saya. Perjalanan menuju hotel -sekitar 1 jam dr bandara- saya disuguhi pemandangan yang indah dari danau sentani
-sayang ga sempet foto-
hiks...hiks...hiks...



ada pengalaman unik yang saya ingat dari Jayapura,
waktu itu saya di titipin oleh-oleh sama temen2 di kantor (koteka, panah, dll).
nah karena tidak enak juga kalo ga bawa,
akhirnya saya belikan juga lah macam2 oleh2 itu, berhubung saat itu saya diantar teman kantor yg dinas di Jyp ke daerah Hamadi (pusat kerajinan disana).
memang seru juga ke daerah sana, banyak kerajinan asli papua yg ada disana.

waktu di Hamadi, tmn saya itu bilang, "mba foto dulu dong disini, ada yang bilang katanya kalo foto dg background pajangan2 itu (menunjuk ke arah hiasan2 di toko) bakalan balik lagi kesini"
Lhaaaa,,,,, selain saya yg gak narsis, saya juga cuma niat wisata aja kalo balik lagi kesini... Gak jadi deh foto, ntar kalo beneran saya balik lagi kesini untuk jangka waktu yg lama kan bahaya...

eh, tnyata bulan lalu saya beneran balik lagi ke tanah papua. sayangnya saat saya kembali ke sini, sedang ada rusuh karena kongres papua... ga bisa jalan2 deh...


Bali....
kalo datang kesini, memang judul nya sih ikut public course dari kantor,
tapi sekalian juga buat holiday...hehehe

ini waktu ngunjungin Bali Bird Park, disini kebun binatang yang isinya di dominasi oleh burung. Namanya juga taman burung...




Palembang
kotanya mpek-mpek, kalo sekarang sih Palembang lagi rame karena akan di gelar sea games disana. tapi buat saya, karena saya pecinta mpek-mpek, gak ada matinya deh sama makanan yang satu ini, apalagi yang asli dari Palembang...
Hmmm...yummy.....

Walaupun cuma 2 hari ke Palembang, seru juga bisa mampir ke Jembatan Ampera.
Liat keramaiannya di malam hari...



Indonesia....
selalu memberikan pengalaman tanpa batas,
indonesia,,, never ending journey...

Wednesday, October 26, 2011

SMS "Horor"

Kalau denger kata horor, kebanyakan orang berfikirnya ke hal-hal mistis. Padahal kali ini saya bukan bercerita tentang yang mistis-mistis…

Lagian serem ahhh,,,, ntar kalo kebayang-bayang juga takut sendiri. Mending juga bahas “horor” yang lain.

Sekitar beberapa bulan ini, penipuan melalui sms kembali marak. Ini sebenarnya bukan modus baru, karena sejak zaman saya kuliah dulu –sekitar periode 2004-2008 lalu– modus ini sudah banyak terjadi. Cuma bedanya modus sekarang lebih didukung oleh teknologi maju dan teknik lebih curang. Istilahnya penipunya udah lebih professional…

Sms yang sudah banyak beredar sejak dulu diantaranya :


T-SEL (777)
Kejutan POIN
Hadiah Rp.10jt
Resmi diberikan
0812979XXXX
u/Pemilik No.
PIN”b6ba247
u/Info hub Cs:
PT.TELKOMSEL
021-68566691

Pengirim;
+777

Padahal jelas-jelas pengirim sms tersebut adalah +62838966294XX

Atau sms “horor” :

Ini Bapak, lagi di kantor polisi. Tolong kirimin Bpk pulsa ke nomor ini 25rb,
penting. Ini lagi pinjam HP orang, jangan di telp/sms. Nanti Bpk yang hubungi.

Nah, iseng-nya saya sejak dulu, kalau nerima sms seperti di atas bukannya langsung saya hapus tapi kadang saya isengin balik. Pernah saya sms balik, “udah di kirim pulsanya. Di cek yaaa…” atau kalau sedang kesal saya balas, “Ya ampuunnnn, capek deh… Hari gini masih nyari makan dgn cara nipu”.

Haduh, untungnya sesekali aja saya kayak gitu….

Nah, yang sangat hot saat ini adalah sms “horor” seperti ini:

Tolong uangnya dikirim aja kesini BRI
a/n: SELVI ARISKA
Norek : 0777-01-001882-XX-3
Sms aja klo sudah dikirim, trims

Sms ini memang saya terima sama persis dari 2 nomor HP yang berbeda, dari 089991238XX dan +62853426163XX.

Dan yang ini :



Mungkin buat sebagian orang, akan langsung mengabaikan sms tersebut. Karena yang ada dipikirannya mungkin :
• Ahhh, sms nyasar kali.
• Orang salah kirim
• Nipu nih
Lalu langsung deh ngehapus sms tersebut.

Tetapi, ada juga orang iseng seperti kejadian saya diatas –ternyata bukan saya sendiri yang suka bales sms kayak gitu– langsung bales sms tersebut, “sudah di transfer 100juta, coba di cek”

Dan kalo ga salah, saya juga pernah bales sms “horor” tersebut.

Nah, dari beberapa kejadian… ternyata eh ternyata sms “horor” diatas ada dua modus penipuan:

Pertama, sms “horor” itu memang sms penipuan. Jadi si penipu itu mungkin membeli kartu perdana lalu mengirim sms horornya kesegala nomor. Jadi dia sih masih untung-untungan, berharap bahwa dari yang menerima sms tersebut memang akan transfer ke rek tersebut.

Kalau taktik ini masih teknik penipu golongan amatir. Tapi jangan salah, sekalinya dapat umpan bisa puluhan juta yang bisa diraup… ckckck….

Untuk kasus seperti ini, banyak kejadian yang tertipu karena si penerima sms memang sedang menunggu kiriman no rek untuk traksaksi. Salah satu kejadian yang benar-benar terjadi adalah si penerima sms akan membayar biaya pelunasan ONH Plus melalui transfer, dan sedang menunggu no rek dari travel agentnya tersebut. Kebetulan dia mendapat sms “horor”, di transferlah puluhan juta ke rek yang tercantum. Dan ternyata beberapa saat kemudian barulah tersadar bahwa dia tertipu dan kehilangan uang puluhan juta.

Nah itu salah satu nya saja dari sekian banyak kejadian yang ada. Kebanyakan yang tertipu adalah pelaku transaksi jual-beli dari internet. Dimana si pembeli yang akan transfer ke rek penjual. Ternyata sms tersebut adalah sms “horor”…

Modus kedua adalah adanya dugaan bahwa sms “horor” ini merupakan “mesin penyedot pulsa”. Dimana bila kita membalas sms “horor” ini maka pulsa si pembalas sms tersebut akan langsung terpotong sebesar 2 ribu rupiah. Lalu secara otomatis, selanjutnya akan terpotong secara terus menerus dan tidak bisa di un-reg.

Ini teknik yang canggih menurut saya. Karena sudah di dukung oleh teknologi yang cukup tinggi. Jadi apabila memang modus ini benar adanya, sebaiknya hilangin deh rasa jail kepada si penipu2 di luar sana. Soalnya saya sendiri kadang jengkel dan suka balas sms tersebut (untungnya sms-sms yang saya balas tersebut memang sms penipu amatir).

Atau apabila kita mengganggap ini sms nyasar, biarkan saja. Tidak perlu dibalas, “maaf kayaknya salah kirim sms deh”. Daripada niat baik kita ini justru bikin pulsa kita ludes tidak berbekas. Mending kalau kartu nya prabayar, kena content premium bisa langsung dibuang trus beli perdana baru,,,, lhaaa kalo pasca bayar, bisa sampe berjuta-juta tuh tagihan.

So, be carefull guys….

Tuesday, October 25, 2011

Edukasi Perbankan

Perbankan…
Dunia yang penuh dengan segala sesuatu yang berbau teknologi dan hal-hal yang instan. Mulai dari mesin atm dengan kartunya, sms banking, phone banking sampai dengan internet bankingnya. Segala sesuatunya akan tampak mudah bagi yang mengerti dan sudah terbiasa menggunakannya.

Tapi, pernahkah terpikir disekitar kita masih banyak yang awan mengenai hal-hal yang berbau perbankan diatas… Contoh hal paling sederhana adalah penggunaan kartu atm. Untuk yang sudah biasa memakai, pasti mengganggap enteng dan remeh sama benda kecil dan tipis yang satu ini.

Sebenarnya, tidak usah jauh-jauh di daerah pedesaan atau daerah yang jauh dari perkotaan. Di lingkungan kita sendiri saja, pasti masih banyak orang-orang yang enggan untuk memiliki kartu atm.

Salah satu contoh kecil adalah seorang ibu salah satu nasabah di sebuah bank yang tidak mau punya atm, alasannya sederhana karena takut isi kartu atm tersebut “diambil” oleh anaknya. Padahal jika dia tidak punya atm, butuh uang berapapun cukup repot karena harus antri di teller, dan tidak bisa mendapat uang tunai secara 24/7 (online real time).

Di sisi bank, nasabah yang mengambil uang tunai di teller (padahal nominal tersebut masih bisa diambil di mesin atm) merupakan salah satu cost. Karena bank harus mengeluarkan biaya untuk membayar teknologi, sdm dll.

Mungkin hal ini tidak terasa apabila hanya satu-dua nasabah yang mengambil uang kecil di teller. Tapi coba bayangkan apabila dalam satu hari terdapat ratusan nasabah yang mengantri di teller yang hanya mengambil uang kurang dari 5 juta. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar pegawai, listrik, ac, biaya sewa gedung, maintenance, dll.

Tetapi biaya tersebut akan jauh berkurang apabila nasabahnya mengambil uang di atm, dan efek yang di dapat nasabah lain juga terasa karena antrian akan berkurang.

Di sisi lain, edukasi yang harus diberikan pada nasabah juga butuh biaya. Karena tidak begitu saja nasabah mau menggunakan kartu atm di tabungannya. Dan proses ini pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena segala sesuatu butuh proses dan waktu.

Apabila kita lihat melalui kacamata nasabah, masih banyak ketakutan-ketakutan diluar jangkauannya apabila akan menggunakan kartu atm. Takut kartu atm nya ditelan dan tidak keluar lagi dari mesin atm, takut uang yang dikeluarkan dari mesin tidak sesuai dengan yang diinginkan, takut uangnya palsu, takut salah pencet, dsb.
Hal-hal tersebut memang tidak bisa dihindari. Karena masih banyak orang yang awan terhadap benda satu ini.

Pernah suatu kali setelah saya keluar dari ruang atm, ada seorang bapak yang memanggil saya, “mbak… bisa tolong saya?”

“Ada apa ya, pak?” sahut saya pada bapak tersebut.

“Ini lho mbak, bapak mau ambil uang tapi gak ngerti caranya… tolong ambilin uang dari atm bapak, soalnya bapak dan istri gak tau”.

Dengan muka heran dan bingung serta perasaan dalam hati (nih bapak2 serius gak sih dengan omongannya) lalu saya liatin dari ujung kaki hingga kepala, hingga akhirny dapet kesimpulan nih bapak orang baik2, lalu saya ikutin dia masuk lagi ke dalam ruang atm.

Bapak itu langsung ngasih kartu atm nya gitu aja, ketika mau saya ajari caranya dia malah enggan untuk “belajar” cara pakai mesin atm.

Yang saya tidak tahu apakah memang bapak itu pertama kali punya atm atau setiap kali ambil uang selalu minta tolong orang lain? Mending kalo orang yang diminta tolongnya tidak punya niat jahat, kalau iya? Ckckckck….

Sampai tahapan untuk masukin nomor pin, saya minta bapak tersebut untuk memasukkan no tsb dan saya balik badan, “monggo pak, pinnya di ketik disitu”

Eh, bukannya dia ngetik no pin nya malah disebutin, “xxxxxx”

Sontak aja saya kaget, “Lhoooo pak, no pin itu rahasia. Yang boleh tau cuma bapak aja…”

“Alahhh, gpp ko, mbak… Saya percaya sama mbak, memang mbak orang jahat apa?” celetuk bapak tsb.

“Tetap aja, pak… Pin itu rahasia, ga boleh ada yang tau selain bapak. Habis ini diganti ya pak, pin nya. Kalau saya jahat, kan bisa aja ntar uangnya saya ambil dan habisin”

Eh, dibilang kayak gitu bapak tsb malah ketawa…

Setelah uang dan struk atm-nya keluar, kartu atm nya pun langsung saya berikan kepada bapak tersebut.

“Makasih ya, mbak…” dengan wajah berseri dan langsung menghampiri istrinya yang sedari tadi menunggu diluar.

Tidak lupa saya memberi pesan sponsor selaku orang yang bergelut di dunia perbankan, “Pak, jangan lupa nanti pin-nya diganti ya…”
Dan langsung lah saya segera melaju pulang…..

Nah,,,, itu contoh baiknya (kebetulan aja terjadi sama saya sendiri…hehehe)… bagaimana dengan contoh buruknya?
Banyak kasus yang terjadi akibat ketidaktahuan mengenai penggunaan kartu atm.
Dan tidak jauh-jauh, ini terjadi di lingkup yang masih kerabat saya sendiri (haduhhhh, nolong orang lain… ternyata kerabat sendiri kena musibah karena atm),

Beberapa bulan lalu, kerabat saya mengalami kejadian ini.
Anaknya baru pertama bekerja dan akan segera gajian dengan cara transfer atm, si bapak yang merasa anak nya masih ABG (anak baru gede) takut kalau anaknya ini boros dan menghabiskan gajinya. Dengan inisiatif tingkat tinggi, sang anak diminta untuk “menyerahkan “ atm tersebut beberapa hari sebelum tanggal gajian.
Karena anaknya tsb penurut, diberikannya lah kartu atm tsb kepada bapaknya.

Di hari yang dinanti, sang bapak pun dengan gembira pergi ke atm bank tersebut untuk mengambil sebagian gaji anaknya.

Tak disangka tak dinyana (wissss….ngomong apa nih….), sang bapak pulang dengan tangan hampa ke rumah. Dan bilang sama anaknya kalau dia belum gajian, karena uang di atm nya tsb tidak ada alias kosong.

Karena tidak percaya, anaknya pun menghubungi temannya dan tahu kalau temannya sudah gajian. Masa iya sih dia sendiri yang gak gajian.

Akhirnya dia tanya kembali sang bapak, gimana ceritanya kalau dia belum gajian. Lalu diceritakannya lah kronologis kejadiannya oleh sang bapak.

Ceritanya begini :
Pada saat akan mengambil uang, ternyata sang bapak bingung cara pakai kartu atm tersebut (alias dia pertama kali pegang kartu atm).

Nah, karena dibarisan belakang yang antri adalah seorang cowo. Di panggilah cowo itu untuk masuk ke dalam ruang atm. Dan diberitahukan lah no pin tersebut. Ketika sang bapak meminta untuk diambilkan sejumlah uang, cowo tersebut bilang kalau isi tabungannya tidak ada. Dan mungkin belum gajian, jadi tidak bisa ada yang di ambil uangnya. Hingga akhirnya kembalilah sang bapak ke rumahnya dengan tangan hampa.

Anak nya tersebut langsung meminta kembali kartu atm nya, dan setelah di cek, ternyata uang di rek nya sudah ludes. Karena kemungkinan cowo tsb telah mentrasfer seluruh isi kartu atm tersebut ke rekeningnya….

Yahhhhh,,,, itulah sebagian contoh kecil realita yang ada di sekitar kita…
Jadi, dimulai dari lingkungan paling kecil, mari kita berempati terhadap segala sesuatu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan…

pesan sponsor : teknologi memang memudahkan kita, tapi gunakanlah dengan bijak dan tepat :)