Thursday, November 15, 2012

Mocash BRI

Kesempatan kali ini saya ingin membahas salah satu fitur Mobile Banking BRI yaitu Mocash atau Mobile Cash BRI. Aplikasi ini merupakan salah satu fasilitas e-channel mobile banking BRI untuk melakukan pembayaran transaksi belanja oleh pelanggan di merchant/store yang sudah bekerja sama dengan BRI dengan menggunakan telepon selular. Saya sendiri menyebut mocash ini seperti dompet elektrik, karena saya tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai ketika bertransaksi. Saya cukup menggunakan hp saya untuk melakukan pembayaran. Mudah bukan?

Lalu bagaimana caranya untuk bisa menggunakan fitur ini bagi yang belum memilikinya?
Caranya cukup mudah.

Syarat untuk bisa memiliki mocash di telepon selular kita:
- memiliki tabungan BRI (BritAma atau Simpedes) dan kartu ATM yang masih berstatus aktif.
- melakukan registrasi SMS Banking melalui mesin ATM BRI dan Customer Service BRI
- menginstall aplikasi Mobile BRI di handphone yang nomornya sudah didaftarkan SMS Banking.

Pengalaman saya sendiri, biasanya saya menggunakan fasilitas ini di Koperasi BRI Kantor Cabang Cimahi. Jadi kalau bertransaksi disini, saya tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai. Cukup menanyakan jumlah pembayaran yang akan saya lakukan dan meminta order id dari bagian kasir. Setelah itu saya input di Mobile Banking BRI dan transaksi pun dilaksanakan. Bukti transaksi berhasil dilaksanakan adalah saya akan menerima sms notifikasi dari 9123 yang menyatakan pembayaran sukses.

Contoh transaksinya:
Nasabah memilih menu Mobile Banking BRI

Lalu pilih menu pembayaran

Nasabah akan disuguhi pilihan Mobile Cash

Tampilannya akan seperti ini:

Lalu masukkan data-data transaksi yang dibutuhkan. Store id biasanya terpampang di merchant, jumlah pembayaran dan order id dapat kita minta dari kasir.

Kemudian masukkan pin Mobile Banking BRI.

Transaksipun dilaksanakan. Sebagai bukti bahwa transaksi berhasil, maka nasabah akan mendapat sms notifikasi dari 9123.

"Pembayaran sukses. Rek#000101001234500 Store#2600401 Order#000101 14/11/2012 12:50:48 Ref#000810111493 Rp.10.000"

Nah, ga repot kan untuk mengeluarkan uang tunai. Jadi lebih praktis deh.

Dari transaksi yang bisa dilaksanakan, saya bisa ambil kesimpulan kalau keuntungan menggunakan Mobile Cash BRI adalah:
- transaksi menggunakan uang tunai jadi bisa sangat diminimalkan
- aplikasinya sudah ada dalan genggangam handphone
- memfasilitasi pembayaran langsung pada transaksi delivery order

Gimana menurut kamu sendiri? Mudah bukan...

5 comments:

  1. Gimana cara daftarkan tokonya hingga dpt id store nya?

    ReplyDelete
  2. Gimana cara daftarkan tokonya hingga dpt id store nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti pak hery akan diminta untuk membuka rekening di BRI, dan akan mengisi aplikasi untuk jadi store mocash BRI serta akan ada PKS nya juga. Syarat lain sih umum, seperti ktp, siup, npwp, dsb.
      Untuk info lebih lanjut, lebih mudahnya Pak Hery bisa datang langsung ke Cabang BRI yang terdekat. Semua informasi bisa pak hery tanyakan lebih jelas disana.
      Mungkin seperti itu yang bisa saya jelaskan sedikit disini.
      Terimakasih...
      Semoga bisa segera bergabung..

      Delete
  3. sip mbak...www.loketpembayaranresmi.com/

    ReplyDelete
  4. saya juga punya bri mobile di hp saya seperti punya mbak, untuk belanja online darimana mendapat sore id nya mbak

    ReplyDelete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)