Sunday, December 16, 2012

Arti Sebuah Kejujuran dan Kepercayaan

Sebuah kejujuran dan kepercayaan ibarat selembar kertas putih. Ketika kau mengotorinya dengan tulisan kebohongan, seberapa bersih pun kau berusaha menghapusnya kertas tersebut tidak akan pernah kembali bersih seperti keadaan semula.

Beberapa waktu lalu, teller di kantor saya ternyata mengalami kelebihan sisa kas. Maksudnya adalah kemungkinan dia salah bayar ke nasabah atau kurang bayar. Sehingga uang sisa kasnya berlebih.

Kalau dia punya niat buruk, bisa saja uang tersebut masuk ke kantongnya sendiri. Toh yang tahu kalau uang kasnya lebih adalah dia sendiri. Sampai kantor tutup pun tidak ada nasabah yang komplain kalau uang yang diterimanya kurang.

Disinilah letak pengujian terhadap sebuah kepercayaan dan kejujuran tersebut. Pelan-pelan dia mengingat-ngingat setiap transaksi yang dilakukan dan mencoba mencari kejadian yang menurutnya mencurigakan. Baru kemudian dia menelpon Nasabahnya dan menyelidiki apakah ada yang kurang menerima pembayaran.

Setelah diketahui nasabah yang berhak terhadap uang tersebut, malam itu juga dia mendatangi ke tempat nasabah dan mengembalikan uang tersebut.

Tidak hanya dalam dunia pekerjaan, dalam kehidupan sehari-hari kejujuran dan kepercayaan juga merupakan hal yang sangat penting.

Satu ketidakjujuran akan memicu ketidakjujuran lain. Dengan kata lain, sebuah kebohongan akan di tutupi dengan kebohongan lain. Jadi gak ada tuh yang namanya hanya sebuah kebohongan, karena pastinya akan ada kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Satu kebohongan memicu seribu kebohongan lain.

Jadi kalau bisa, apapun keadaannya tetap lah berusaha menjaga kejujuran dan kepercayaan tersebut. Karena sekali kepercayaan itu rusak, maka selamanya kepercayaan tersebut tidak akan kembali utuh seperti sediakala.

2 comments:

  1. Setuju bgt buuuu buat kejujuran..
    selalu Jujur ditempat yg tepat hasilnya » hati tenang, enak makan, tidur nyenyak.. (O_*)triiink

    --mau uang-nya lebih - jujur.. mau uang-nya kurang (yg ini miris bgt sih) tetepp harus jujur..XD
    Pd prinsipnya.. terutama buat kerjaan saya sbg teller
    "Klo ga bisa jujur mending ga usah jd teller aja deh....#galak.."Heheheheh

    Dan saya msh selalu belajar.. Mudah2an kejujuran bisa dipergunakan dengan sebaik2nya di-kerjaan sama kehidupan diluar kerjaan...(ง'̀⌣'́)ง

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right....
      Jujur dalam segala hal, pasti akan selalu membawa kebaikan....

      Btw, kok gak ditulis ini siapa yaa... hehe
      Terimakasih ya atas kunjungannya....

      Delete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)