Sunday, October 13, 2013

Cara Melaporkan Website Palsu

Siapa yang pernah menerima sms penipuan semacam ini?
Atau seperti ini?

Pasti rata-rata menjawab, pernah. Karena memang akhir-akhir ini semakin banyak oknum-oknum yang mencoba melakukan penipuan dengan cara seperti itu.

Lantas pernah gak sih terbesit dalam benak kita ingin melaporkan oknum-oknum tersebut? Supaya tidak ada orang yang tertipu dan menjadi korban dari tindakan penipuan mereka.

Kita sendiri pastinya gerah kalau penjahat-penjahat itu bisa berkeliaran dan dengan mudah melakukan kejahatannya. Mungkin kalau untuk urusan menangkap penjahatnya, itu menjadi urusan pihak yang berwenang. Tapi ada hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kejahatan mereka. Minimal mencoba supaya tidak lagi ada masyarakat yang tertipu.

Trus gimana caranya?

Sunday, September 15, 2013

Daftar Website Palsu BRI

Pernah ada yang mendapat sms semacam ini?

Selamat anda
Mendapatkan,
HADIAH Dari.
BANK RAKYAT
INDONESIA.
Cek tunai Rp.27jt
Pin pemenang;
(ijh76k79)
U/info kunjungi:
www.gebyarbri.blogspot.com

Di akhir pesan tersebut kita diarahkan untuk mengunjungi website yang katanya website-nya BRI. Padahal yang asli itu kan www.bri.co.id. Nah akhir-akhir ini semakin banyak saja website palsu semacam itu.

Hasil dari sms yang diterima oleh saya sendiri maupun teman-teman diantaranya adalah :
http://gebyarbri.blogspot.com
http://undianbritama.co.vu/
http://hadiahbri.blogspot.com/
http://undian-bank-bri.webs.com
http://beliungbritama.blogspot.com/
http://beliungbritamabri.blogspot.com/2013/06/daftar-pemenang-hadiah-dengan-no-pin.html
http://bankbriinfo.blogspot.com/2013_07_01_archive.html
http://www.infobankbri.blogspot.com/
http://undianbri.tk/

Saturday, August 24, 2013

Assalamualaikum JANGAN DISINGKAT!!!

Dalam kegiatan sehari-hari sudah hal yang lumrah mengucapkan salam kepada orang yang akan kita sapa. Baik lewat telpon, SMS, BBM, atau media chat yang lain. Kalau via telpon sih pengucapan salam itu tidak masalah. Tapi lain halnya jika menggunakan SMS, BBM, Line, WeChat atau media komunikasi tertulis yang lain. Tidak sedikit orang yang menulis itu menggunakan singkatan. Entah tujuannya karena untuk lebih cepat, malas menulis panjang atau pengen lebih efisien, tergantung orangnya.

Saya sebagai orang Muslim, dalam beberapa tahun belakangan ini juga mulai membiasakan mengucapkan kata Assalamualaikum di awal berkomunikasi dengan sesama orang Muslim lainnya. Nah, disanalah saya sering menemui yang menyingkat salam dengan beraneka kreatifitasnya mereka. Tapi apakah mereka sadar kalau penyingkatan salam tersebut bisa membuat arti salam itu sendiri menjadi lain dari yang sebenarnya.

Penyingkatan untuk kalimat Assalamualaikum yang biasanya saya temui adalah:
1. As = orang bodoh ; keledai
2. Ass = pantat
3. Askum = celakalah kamu
4. Assamu = racun
5. Samlekum = matilah kamu
(dari berbagai sumber)

Salam pendek, salam sedang dan salam panjang telah dicontohkan oleh Nabi dan tidak merubah makna aslinya :
1. Salam pendek : "Assalamualaikum". dengan 10 kebaikan.
2. Salam sedang : "Assalamualaikum warohmatulloh". dengan 20 kebaikan.
3. Salam panjang : "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh". dengan kebaikan sempurna.

Nah, buat yang udah tau. Mari kita hindari atau sama sekali tidak melakukan penyingkatan ketika mengucapkan salam kepada orang lain.

Monday, July 29, 2013

We Love You, but Allah SWT Love You More

[20 Juli 2013]

Minggu ini tepat satu bulan setelah sebelumnya periksa kakak ke dokter di 19 Juni 2013 lalu. Rasanya udah gak sabar pengen lihat kakak seperti apa sekarang. Dari jauh-jauh hari saya sudah pesankan sama suami untuk mengosongkan jadwalnya hari ini. Makanya saat suami dapat tugas harus ke Tana Toraja 3 hari, saya agak takut kalau hari sabtu ini belum beres tugasnya. Alhamdulillah jumat malam suami sudah sampai dengan penerbangan Makassar - Bandung.

Dari siangnya, saya dan suami sudah merencanakan banyak hal sore ini. Mulai dari, jangan lupa mencetak hasil usg, merekam detak jantung atau pergerakan kakak, membeli pakaian dalam wanita hamil, membeli celana doraeman (ini sebutan saya dan suami untuk celana wanita hamil, disebut celana doraemon karna ada kantung karet di bagian depannya) untuk ngantor, membeli dispenser supaya saya bisa minum air hangat dirumah, beli helm sepeda untuk suami, beli kerak telor deket kantor dan hal-hal lain yang sudah kami rencanakan sebelumnya.

Ah, tidak sabar rasanya. Kami terus bercanda-canda dan membayangkan hal menakjubkan apa yang akan kami temui sore ini. Makin gak sabar rasanya. Dari 2 minggu sebelumnya saya sengaja sudah daftar kontrol sore ini. Tujuannya supaya dapat nomor awal dan sorenya kami bisa jalan-jalan, malam mingguan sama suami. Alhamdulillah dapat nomor antrian 4.

Sunday, July 7, 2013

We Love You, Before We Meet You

Di awal kehamilan saya tidak merasakan yang namanya mual, apalagi sampai muntah. Tetapi semingguan ini ada perubahan pada diri saya. Mulai sensitif dengan bau-bauan, entah itu bau rempah, bau masakan bahkan pernah eneg sama bau parfum sendiri. Aneh kan.

Sampe akhirnya saya jadi susah makan, trus mulai mual-mual. Paling parahnya saya mual-mual hingga muntah 3 malam berturut-turut. Badan lemes, seisi perut keluar, gak bisa makan lagi dan rasa mualnya hanya hilang kalau tidur. Akhirnya gak ngantor deh, saking lemes.

Jadwal ke dokter tadinya sabtu ini, selain libur kantor supaya suami juga ikut. Pasti lucu liat ekspresi kegirangannya nanti. Eh, tapi karena muntah-muntah yang saya rasa mulai kelewatan ini, dengan terpaksa saya ke dokter duluan. Cek kesehatan saya juga. Terlebih ya takut ada apa-apa dengan calon anak kami ini.

Nah, hasilnya seperti ini:

Tuesday, July 2, 2013

Check Up Pertama

baca cerita sebelumnya, disini.

[1 Juni 2013]

Seharusnya sama dokter disaranin untuk kembali cek 2 minggu sejak hari test pack waktu itu. Tapi karena saya yang udah gatel dan penasaran banget, jadinya baru satu minggu saya udah cek ke Hermina. Datang ke dokter yang direkomendasikan oleh teman2 di kantor. Namanya dr Anna Fachruriah. Banyak teman yang rekomendasiin beliau, sekali ketemu saya dan suami memang langsung cocok.

Kondisi badan saya saat itu:
BB : 49,1 kg
TD : 110/70

Hasil usgnya seperti di bawah ini:

Tuesday, June 18, 2013

Suamiku Ngidam

"Suka morning sickness ga?"
"Suka eneg gak?"
"Ngidam apa?"

Beberapa pertanyaan yang mulai ditanyakan orang-orang kepada saya.

Saya jawab. Tidak.

Sejauh ini, saya tidak merasakan yang namanya morning sickness atau mual-mual di pagi hari. Saya juga tidak merasakan ingin sesuatu atau yang suka disebut dengan ngidam. Justru yang merasakan semua itu adalah suami saya. :D

Lho? 

Iya. Suami saya.

Saturday, June 15, 2013

Hamil yah?

"Ibu lagi hamil ya?" tiba-tiba salah seorang rekan kerja bertanya ketika saya hendak makan di koperasi siang itu.

Karena penasaran, saya pun tidak langsung mengiyakan pertanyaan tersebut. "Kenapa memang, Pak?"

"Iya kan? Ibu lagi hamil?" tanya ybs untuk kedua kalinya kepada saya.

"Kata siapa, Pak? Kok bisa bilang gitu?" tanya saya lagi.

"Beda aja sih wajahnya. Ya gak bisa dijelasin, tapi ya kayak orang lagi hamil aja!" jawabnya misterius.

"Hmm...," saya tersenyum simpul. "InsyaAllah, Pak. Baru test pack sih, ke dokter belum keliatan apa-apa."

"Tuh, berarti saya gak salah kan. Soalnya beda aja auranya, gak kayak biasanya..," jawabnya lagi.

Saya jadi penasaran, memang wajahnya orang hamil kayak apa sih?!? Kok sampe bisa ada yang menebak saya sedang hamil hanya karena melihat perubahan di wajah saya.

Friday, June 7, 2013

Positif? #Part-3

baca cerita sebelumnya, disini.

Setelah selesai beres-beres, masih ada rasa penasaran di dalam diri saya. Berharap ada keajaiban trus hasil test pack nya berubah. Iseng saya keluarkan test pack tadi dari dalam kantong.

"Yah, bener kan... masih sama, dua garis." trus saya masukkan kembali ke dalam kantong. "Eh, apa?" saya kaget. Kayaknya barusan saya liat 2 garis. Buru-buru saya keluarkan lagi test pack nya.

Mata saya terbelalak, badan saya agak bergetar. Apa benar yang saya liat. "Ya Allah....beneran ada 2 garis di test pack ini." Walau warnanya tidak tebal, tapi saya bisa dengan jelas melihat ada 2 garis disitu.

Thursday, June 6, 2013

Hati-hati Pengumuman Undian BRI

Suatu sore saya dapat kiriman bbm dari seorang teman di Jakarta, isinya kita-kira seperti ini:

Mb yayu, please help me.. Nasabah aku dpt sms seperti ini Mb:
Selamat anda
Mendapatkan,
HADIAH Dari.
BANK RAKYAT
INDONESIA.
Cek tunai Rp.27jt
Pin pemenang;
(ijh76k79)
U/info kunjungi:
www.gebyarbri.blogspot.com
No hp yang kirim 081243447012
Apakah itu penipuan Mb?

Sekilas baca isi sms tersebut, saya yakin 100% kalau itu penipuan yang mengatasnamakan BRI.

Trus langsung saya balas bbm tersebut :
"itu  penipuan. Ga ada alamat bri yang kayak gitu mba. Itu alamat webnya aja blogspot."

Dia balas lagi, sepertinya sih dia masih gak yakin dengan jawaban saya,
"Tp Mb kalo aku buka alamat webnya bener2 kaya bri Mb"

Wednesday, May 29, 2013

Positif? #Part-2

baca cerita sebelumnya, disini.

[Jumat, 24 Mei 2013]

Setelah tadi pagi tes urin kedua kalinya dan hasilnya masih negatif, saya pun segera melupakannya. Pergi kerja dan beraktivitas seperti biasanya. Beberes sampai di kantor trus ikut doa pagi seperti biasa.

Pagi itu, saya menerima kiriman bbm dari Mba Ata (teman di kantor), "Mba, aku bawain test pack ya buat tes." Mba ata ini memang yang paling semangat dan penasaran kalau saya ini sudah hamil. Sejak dari beberapa hari lalu sering mengingatkan saya untuk beli test pack dan saking greget ngeliat saya yang malas beli, akhirnya hari ini beneran bawain saya test pack ke kantor.

Hmm, sebenarnya saya udah ga minat-minat banget buat tes. Kan udah tes sampe 2x tadi. Agak takut jadi kecewa beneran.

Habis doa dan sharing pagi, saya udah kebelet ingin buang air kecil. Trus langsung deh saya meluncur ke toilet. Gak lama habis itu, Mba ata memberikan test pack yang dia bawa.

"Yah, mba... Aku udah pipis tadi."

Tuesday, May 28, 2013

Soal Mutasi (lagi)

"Ini lagi yang dibahas!"

atau, "gak ada bosen-bosennya deh ini si yayu bahas soal mutasi!"

Mungkin salah dua diatas yang terlintas di dalam kepala kamu (baca: yang lagi baca tulisan ini sekarang) ketika pertama baca judul tulisan ini. Hayo ngaku....

Gpp ko kalau memang itu yang beneran terlintas. Mau lanjut baca tulisan ini, pastilah saya sangat senang. Kalau mau dicukupkan hingga judul aja, gpp ko (sambil nangis meraung-raung... #edisi lebay).

Saya memang masih akan membicarakan soal mutasi. Tapi kali ini bukan mutasi saya. Padahal akhir-akhir ini saya juga lagi dag dig dug duer karena banyak surat mutasi bertebaran dmana-mana. Khawatir kena mutasi juga. Kalau mutasinya pulang ke Kantor Pusat di Jakarta sih mau banget (ngarep.com), tapi kalau malah pindah lebih jauh dari Cimahi,,,,Hmm,,, jangan dibanyangin deh. Ngeri ahhh...

Friday, May 24, 2013

Positif? #Part-1

Baru menikah sekitar 3 bulan, sudah mendapat "never ending questions" dari beberapa orang. Salah satunya termasuk mama yang bertanya ketika saya pulang ke Bogor beberapa saat lalu. "Kakak udah isi belum? Kapan mens terakhir? Si X yang nikahnya setelah kakak, sekarang udah isi lho."

Ya....ya.... cepat atau lambat saya memang pasti akan mendapat pertanyaan macam itu. Bisa dari siapapun.

"Udah hamil belum?"
"Udah isi?"
"Gak nunda punya anak kan?"

Secara jujur saya jawab, saya tidak ada rencana menunda kehamilan. Karena saya sendiri sadar, umur saya yang semakin tidak muda lagi. Kalau tidak sekarang, kapan lagi mau punya anak.

Tapi semua itu kan tidak mudah. Urusan anak, sama soal rejeki. Kudu berusaha dan berdoa. Jika memang sudah diberi kepercayaan oleh Allah SWT, maka pasti akan segera diberi keturunan. Kalau belum, ya dinikmati saja dulu masa pacaran dengan suami.

Jadi Sakti (lagi)

Jadi yah,, dulu kami-kami (isshhh... kok kami? termasuk saya juga dong yahh... Serius saya juga...) ini adalah termasuk golongan orang-orang sakti nan berilmu tinggi. *gaya bener sakti*

Ini serius.... Beneran...dan gak pake main-main...

Saya dan teman-teman lain termasuk orang-orang sakti. Yang mana disaat-saat tertentu bisa menghilang dalam sekejap mata.

#eh,,,, kok bisa???

Bisa dong.... :D

Saturday, May 18, 2013

My Story with Hastag Banker

@yayualitalia1. Sore tweeps.. Hari ini mau cerita soal kerja di Bank ah.. Napak tilas dari jaman dulu kenapa akhirnya terdampar di dunia perbankan. :D

@yayualitalia2. Jaman dulu kala *isshhh tua bener rasanya* gak pernah kebayang atau terlintas sedikit pun akan kerja di bank. Gak kepikiran. #Banker

@yayualitalia3. Sejak kecil punya cita2 jadi insinyur pertanian. Punya rumah di tengah kebun bunga yg luas. Sampe skrg juga sih masih pengen. #Banker

@yayualitalia4. Jaman smu sempat beralih. Pengen jadi sastrawan, penulis, psikolog, dsb. Ujung2nya sih ya balik ke cita2 asal. Jadi petani. #Banker

@yayualitalia5. Demi mewujudkan cita2 ikutlah USMI (ujian seleksi masuk ipb) dan milih program studi hortikultura. #Banker

@yayualitalia6. Selama 3 th 10 bulan belajar soal pertanaman trus 2008 lulus deh jadi insinyur pertanian. Separuh cita2 tercapai :D #Banker

@yayualitalia7. Saat kuliah tingkat 3, ada bbrp bank yg menyeleksi mhs2 untuk masuk ke perbankan. Saya? Gak ikutan. Gak memenuhi syarat ipk. #Banker

Thursday, May 16, 2013

Nyari Kursi Kosong

Beberapa waktu lalu saya cuti dari kantor karena ada sesuatu yang saya kerjakan di sdb BRI I Jakarta. Sekalian deh saya mampir ke kantor lama, Bagian LSO Divisi Layanan KP BRI. Temu kangen dan silaturahmi.

Rencananya mau datang sejak siang, eh karna satu dan lain hal jadinya baru sampai sekitar jam 2 siang. Gpp deh, daripada tidak sama sekali.

Selepas urusan di sdb beres, saya bergegas untuk ke lantai 6. Trus ketemu deh sama temen-temen lama.  Gangguin yang lagi pada kerja.

Trus ada deh yang komen, "Ini MO cuti mulu deh perasaan!"

Lhaaaa, perasaan saya paling jarang cuti sejak dulu. Ini aja lagi ngabisin cuti tahun 2012. Sayang kan kalau gak dipakai. Saya cuma nyengir aja ditanggapi seperti itu.

Ada juga yang komen, "Ini MO nya jalan-jalan aja, nyari dana yah?" atau komen, "Cabangnya gak tutup nih ditinggal MO nya mulu."

Ahhhh, saya sih nyengir aja dapet komen macem-macem. Tapi ada satu komen yang paling saya suka selama setengah hari ini dikantor.

Sunday, April 7, 2013

Jangan Bilang Nggak Bisa

Kalau gak dicoba, mana pernah tau?

Ngomong sih gampang. Tapi soal praktek? Belum tentu...

-----------------------------

Duh, siang-siang gini mau cerita apa sih?
*random*

Jadi, awalnya saya mau cerita soal evaluasi Manajer Operasional dan Manajer Penasaran di kantor wilayah sekitar 2 minggu lalu. Evaluasi kerjaan saya selama sekitar 5 bulan ini.

Saya datang dari pagi, lebih baik datang kepagian daripada terlambat kan. Kalo dari daftar hadir saya adalah orang ketiga yang datang hari itu.

Tapi, ketika pembagian jadwal wawancara saya dapat di tim 3 urutan kelima. Jumlah peserta semuanya ada 15 orang dibagi dalam 3 tim. Pewawancaranya adalah wakil pemimpin wilayah dan pimpinan cabang. Satu tim terdiri dari dua orang evaluator.

Saturday, April 6, 2013

Semua Pasti (p)Indah pada Waktunya

Kayaknya saya gak pernah bosan-bosannya nulis atau bahas tema yang satu ini. Dimanapun baik kehidupan sehari-hari atau di dunia pekerjaan yang namanya pindah, mutasi, rotasi, promosi atau apapun itu namanya pasti akan kita temui.

Tetangga pindah rumah, teman yang pindah kerjaan, sahabat yang mutasi, teman yang rotasi atau rekan kerja yang promosi. Atau bahkan kita sendiri yang mengalami salah satu hal tersebut. Kalau tidak kita yang ditinggalkan, maka kita yang akan meninggalkan. Karna semua berusaha untuk ke arah yang lebih baik.

Dalam sebulan ini banyak rekan kerja saya yang mutasi (lagi). Ada yang satu kota, ada yang sampai lintas propinsi. Jadinya saya juga sudah mulai terbiasa dengan surat mutasi yang suka datang dan beredar tiba-tiba gitu. Hmm, jadi dapet istilah baru untuk SK, yaitu Surat Kagetan... *just kidding*

Friday, April 5, 2013

Langkah Pertama

Tidak terasa sudah sekitar lima bulan di cabang cimahi. Pertama kali menjejakkan kaki kesini tanggal 29 Oktober 2012 lalu.

Waktu itu saya datang berdua dengan rekan seperjuangan, Mas Ersa namanya. Sebelumnya dia juga berasal dari Kantor Pusat, beda divisi aja dengan saya. Saya divisi layanan, dia dari divisi bisnis ritel dan menengah. Cuma setelah itu dia di mutasi dulu ke salah satu cabang di Surabaya, baru kemudian ke cabang cimahi.

Setelah saya dapat SK mutasi ke cimahi, saya dihubungi oleh salah satu teman seangkatan PPS dulu, pakdhe Tri biasa saya panggil. Dia bilang kalau saya akan mutasi bareng dengan teman sedivisi-nya, namanya Bagus Ersabrana. Biasa dipanggil ersa.

Nah, saya jadi seneng deh ada teman senasib. Jadi gak akan asing sendirian di tempat baru. Ada teman seperjuangan...

Thursday, April 4, 2013

my second trip to jayapura

Waktu itu kali kedua saya menginjakkan kaki di tanah jayapura. Masih karena hal yang sama, undangan kantor wilayah jayapura untuk menjadi instruktur disana.

Senang? Oya tentu. Selain karena saya suka travelling, saya senang bertemu banyak orang baru, kenalan baru, teman baru dan tentunya pengalaman baru.

Pertama kali ke Jayapura, saya naik maskapai Lion Air. Nah, kali ini karena harga tiket pesawat sama mahalnya jadilah saya naik Garuda. Lagipula naik Lion Air untuk penerbangan yang jauh seperti itu, capek banget jadinya. Lebih baik naik Garuda sekalian. Jauh lebih nyaman. Ya memang harga juga sebanding dengan kualitas.

Kalau ada yang bertanya harga tiketnya berapa, bisa dibilang muahaaaaal... Bahkan lebih murah tiket jakarta-singapur ketimbang jakarta-jayapura. Saya sih memang gak tau pasti, katanya yang udah pernah ke singapur sih begitu.

Wednesday, April 3, 2013

'Diceburin' versi gue

Pernah dengar istilah, "kudu di dorong atau bahkan diceburin supaya bisa" dengan kata lain sih dipaksa bisa. Kadang dalam kehidupan nyata ya hal ini memang harus dilakukan. Karena kalau standar-standar aja yak gak maju-maju.

Saya sendiri jadi teringat kejadian beberapa tahun lalu. Tapi dengan kejadian tersebut saya pun memperoleh pengalaman yang sangat berharga. Gara-gara "diceburin" itu bisa jadi salah satu yang membuat saya seperti yang sekarang ini.

Iya, saya tiba-tiba ingin flashback. Ingin mengingat kejadian tersebut.

Singkat cerita, sebagai seorang junior staf baru di Divisi Layanan, saat itu saya diberi tugas untuk belajar dan menangani permasalahan yang berhubungan dengan demand deposit. Tetapi entah bagaimana ceritanya, beberapa waktu berlalu dan saya merasa tidak ada kemajuan di diri saya.

Tuesday, April 2, 2013

Manado, here i'm...

Ingat pertama kali menjejakkan kaki di Manado.

Pertama kali ke kota ini karena saat itu saya mendapat undangan untuk mengajar dari kantor wilayah manado. Saat itu saya berangkat sendiri dari jakarta. Saya sudah terbiasa untuk pergi jauh ke kota asing sendirian. Seperti ada kenikmatan sebagai seorang yang mandiri dan senang ngebolang di kota orang.

Untuk sampai ke bandara, biasanya saya menggunakan taxi dari kosan. Biaya taxi sekitar 100 ribuan. Tergantung jenis taxi yang digunakan dan kemacetan lalu lintas yang dihadapi.

Yang bikin seru kali ini adalah, saya iseng mencoba rute baru. Yang biasanya menggunakan taxi, atas saran desi jadilah saya menggunakan bus damri ke bandara. Ceritanya sih mencoba untuk lebih hemat.

Sahabat saya yang satu ini ngajarin untuk naik ojek dari kosan ke pool bus damri di daerah blok M. Ongkos ojeknya kalo ga salah sekitar 15-20 ribu. Nah baru dari pool naik bus damri ke bandara. Ongkosnya saya lupa, kalo gak salah sekitar 30 ribuan. Nah kalau dibandingkan dengan ongkos taxi, hemat sekitar setengahnya kan.

jejak cerita...

tiba-tiba saja saya sedang ingin berkelana ke pikiran masa lampau. mengingat segala jejak langkah yang pernah saya lalui.

kalau kamu tanya kenapa? atau untuk apa? saya juga tidak tau. tiba-tiba pikiran saya menjelajahi waktu lampau.

entahlah... mungkin daripada hanya ditelan waktu, sebaiknya saya ukirkan disini. sebelum semuanya lekang dan hilang dari ingatanku.

jika harimau mati meninggalkan belang, maka sebaiknya manusia meninggalkan jejak cerita. jejak langkah sebagai pengingat bahwa kita pernah singgah di dunia.

Sunday, March 31, 2013

8/100

Tiba-tiba teringat postingan jaman dulu disini.

Tuliskanlah segala harapan dan keinginanmu. Apapun itu. Dan capailah satu persatu. Hingga kemudian, semua itu hanya akan menjadi sebuah coretan hitam diatas putih.

1. menikah
2. menginjakkan kaki di tanah jayapura
3. mengajak keluarga liburan ke Bali
4. pergi ke aceh
5. wirausaha
6. punya logam mulia xxx gram
7. pergi ke kalimantan, kota apapun itu
8. pergi ke manado
9. pergi ke batam
10. punya tanah

Saturday, March 2, 2013

Hidup itu Tidak Adil?

Cukup tergelitik dengan status BBM salah satu teman beberapa saat lalu,

Patrick bilang ke Spongebob, "Hidup itu memang tidak adil, maka biasakan lah.."

Hmm, kalimat simple tapi bisa jadi bermakna banyak. Saya cukup tertarik dengan kalimat diatas.

Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan atau harapan kita. Kita hanya bisa berusaha, berdoa kemudian memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Karena Dia lah yang Maha Berkehendak.

Wednesday, February 27, 2013

Pilihan untuk Resign

Hari ini tepat 2 orang teman mengumumkan keputusannya untuk resign dari tempat kerja sekarang. Sebuah keputusan yang berani menurut saya, karena apa? karena sampai 2 tahun ke depan ini kalau saya dan teman-teman seangkatan resign, kami masih harus membayar uang penalti yang menurut saya bukan jumlah uang yang sedikit.

Tapi itulah, hidup itu sebuah pilihan. Pasti selalu memilih diantara dua hal. Bangun tidur aja kita diberi pilihan, mau bangun atau kembali tidur lagi. Bahkan ketika kita tidak memilih apapun, sebenarnya hal itu adalah sebuah pilihan yang sudah kita ambil untuk tidak memilih. #Lho...bingung kan...

Kembali lagi ke soal teman-teman yang resign. Dalam sebulan ini, sudah 3 orang yang resign. Memang karena ada yang akan melangsungkan pernikahan, mendapat pekerjaan yang jauh lebih baik ataupun karena sudah tidak tahan dengan atmosfer tempat kerja saat ini. Semua kembali ke pilihan kan..

Tuesday, February 26, 2013

Alasan

Tidak selamanya segala sesuatu selalu butuh alasan.

Monday, February 25, 2013

I'm back....

Baru onlen kembali....
Yehaaaaa... *girang bukan kepalang*

Alasannya sederhana. Awalnya ga mood nulis, bukan gak punya ide sih #AlasanNyariAlibi. Mungkin ini yang disebut kena blogger block. Abis itu paket internet habis, no money dan gak bisa nodong juga. Jadilah semingguan ini sama sekali ga maen internet. Sibuk juga sama urusan hidup. #Aish,,makin ngawur ini omongan.

Trus karena sekarang tanggal 25, baru gajian alias pundi-pundi uang baru terisi kembali. Langsung deh saya merogoh kocek untuk isi pulsa. Segera deh tancap gas berselancar dan kangen-kangenan di dunia maya. *ayo sini yang kangen sama saya segera mendekat*

Friday, February 15, 2013

Hidup itu....

"Hidup itu sabar dan syukur bergantian."
Statement salah seorang teman di status BBM nya beberapa hari yang lalu.

atau,
kalau kata si "dzeke si tampan tea" disini. Hidup itu ada manis pahitnya, hidup itu seperti roda yang kadang ada diatas kadang dibawah.

atau,
kalau kata iklan, hidup itu bukan film, apalagi sinetron. Life isn't a movie...

atau,
Life is like a book, a half unread...

Wednesday, February 13, 2013

Mutasi....

Kata-kata itu terkadang terdengar begitu mengerikan, tapi terkadang kata-kata itu juga yang banyak dinantikan orang.

Seorang teman dalam waktu setahun ini menerima SK kepindahan sebanyak tiga kali. Dari Jakarta ke Surabaya, lalu ke Kendari, kemudian ke Tual. Tampak begitu mengerikannya kata yang satu itu.

Sedangkan teman yang lain, begitu mengharapkan satu kata tersebut. Setelah sebelumnya mutasi dari Jakarta ke Palembang. Dia begitu mengharapkan kata mutasi tersebut segera muncul dihadapannya. Pada akhirnya memang dia mendapatkan yang diharapkan. Surat mutasi pun datang dan sesuai dengan keinginannya, kembali ke Jakarta.

Tuesday, February 12, 2013

Silent Reader

Grafik jumlah pembaca blog meningkat tapi yang komen jarang? Itu bisa saja terjadi di dunia perblogan. Karena apa? Karena macam pembaca atau pengunjung didunia maya itu banyak tipenya. Ada yang rajin baca trus rajin komen serius, ada yang rajin baca trus cuma sekedar komen gak jelas atau ada juga yang rajin baca tapi gak komen, atau bisa jadi cuma liat-liat doang.

Kalau yang baca trus komen sih udah gak aneh. Mungkin kalau yang agak mengganggu itu kalau komennya mengandung spam atau sampah. Untungnya sih sejauh ini tidak pernah ada yang nyampah di blog saya ini. Bisa dibilang blog saya ini masih aman dan bersih dari spam.

Saya pernah blogwalking ke blog seseorang dan setiap postingannya itu ada puluhan komen. Saya lihat tulisannya sebenarnya bagus, menginspirasi dan terkadang diisi mengenai pengalaman hidupnya sendiri. Tetapi ketika saya lihat ternyata isi komen tersebut hanya spam. Dan saya juga nggak ngerti kenapa si empunya blog tidak membersihkan spam-spam tersebut. Kalau perlu disetting untuk penulisan komen agar komen yang masuk bisa di sharing dulu oleh si empunya blog.

Saturday, February 9, 2013

Sekedar Celoteh

Siapa pun kamu,
Apa pun pekerjaan kamu,
Darimana pun asal kamu,
Kamu memiliki arti di dunia ini....

Jangan pernah anggap remeh seseorang hanya karena pekerjaannya yang rendah, atau karna pendidikannya tidak setinggi kamu. Siapa pun dia, keberadaannya pasti memiliki peranan yang penting. Meski kadang tidak pernah kamu sadari.

Suatu kali, bapak yang biasa menyediakan air minum untuk seluruh pekerja di kantor tiba-tiba tidak masuk karena sakit. Setiap pagi biasanya bapak ini menyediakan gelas yang sudah terisi dengan air minum.

Pagi itu saya memang tidak melihat bapak itu hilir mudik. Dan meja kerja saya pun masih kosong tidak ada gelas yang tertata di tempat biasanya. Simple. Peranannya seperti sangat kecil, menyediakan air minum.

Friday, February 8, 2013

Masih Bocah...

Daaaaan...., baru kali ini ada yang ngatain gue bocah. Bukan gak suka, geli aja dengernya.

Ceritanya begini:
Tadi siang ada kunjungan oleh Pejabat dari Kantor Wilayah dan Kantor Pusat. Ketika mereka datang saya pun menghampiri untuk mengajak bersalaman. Entah sengaja atau nggak, saya seperti merasa dicuekin sama Pejabat Baret Merah itu. Mungkin sih cuma perasaan saya saja. Pimpinan saya pun mengenalkan saya sebagai manager disini.

Kemudian para pejabat tersebut berkenalan dengan yang lain. Saya turut menghampiri di belakang. Ketika diperkenalkan kepada yang lain, beliau pun bertanya, "Disini gak ada manager ya?"

Tuesday, February 5, 2013

to give not to get


Habis blogwalking ke blognya Pak Jamil Azzaini disini. Tidak hanya untuk lelaki, siapapun memang sebaiknya punya mental "to give" bukan "to get" dalam hidup ini.

Apa maksudnya "to give" dan "to get" dalam hidup ini?

Dalam hidup kita harus selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada orang-orang di sekeliling kita, suami/istri, anak, orang tua, saudara, dsb. Bukan justru menanyakan, apa yang sudah atau akan kita dapatkan dari mereka.

Semoga kita semua bisa memiliki mental seperti itu. Selalu berusaha memberikan yang terbaik dan tentunya diiringi dengan keikhlasan dan rasa syukur. Karena bukankah hidup ini berisi rasa syukur dan sabar secara bergantian?

Saturday, February 2, 2013

Pilih Dibawa Ngebut atau Bawa Ngebut?

Inget tadi malem, pulang dari Cimahi ke Bogor naik travel Silvercab. Mobil travelnya vios jadi penumpangnya cuma 3 orang, untung perempuan semua. Tadinya udah agak khawatir aja kalau penumpangnya cuma saya aja yang perempuan. Mungkin memang pengaturan dari si empunya travel kali yah, karena memang hanya 3 penumpang jadi dikelompokkan seperti itu. Sehingga penumpang merasa lebih aman dan nyaman.

Yang biasanya jarak tempuhnya 3 jam-an, tadi malam itu serasa cepat banget. Saya di jemput di apartemen tepat jam 7 malam dan keluar di gerbang tol gunung putri sekitar jam 9.30 malam. Jadi jarak tempuhnya sekitar 2 jam 30 menit. Waaaaw....

Sekilas soal travel ini, saya dapet kontak travel ini dari teman di kantor. Kebetulan sore itu saya tiba-tiba ingin pulang, trus saya tanya via bbm ke travel ini. Alhamdulillah masih ada kursi kosong di jam 7 malam. Jadi deh jam 6.30an saya segera cap cus dari kantor.

Soal kenyamanan. Lumayan lah. Tapi memang buat saya bisa di bilang super ngebut juga. Ratas kecepatan selama perjalanan berada di angka 100 km/jam. Hanya di beberapa kondisi dia menyesuaikan, jalanan yang ramai kendaraan besar misalnya.

Wednesday, January 30, 2013

Lagi-lagi....


Lagi-lagi,,, aku diingatkan kembali
Oleh sesuatu yang bernama kematian

Sunday, January 27, 2013

Passion Gue vs Passion bukan Gue

Siapa yang menjadikan passionnya sebagai kerjaan?
atau,
Siapa yang menjadikan pekerjaannya sebagai passion?

Hayoo, ngaku aja deh...
Kamu termasuk dalam golongan yang mana?

Betapa sangat beruntungnya orang yang menjadikan passion sebagai kerjaan. Karena dengan begitu pasti bisa dengan sepenuh hati menjalani pekerjaannya tersebut. Tapi sayangnya, tidak banyak orang yang bisa mendapatkan hal ini. Coba liat di sekeliling kita, banyak orang yang melakukan pekerjaan bukan atas dasar passionnya. Terpaksa? Who knows...

Memang banyak orang yang menjalani pekerjaannya atas dasar terbiasa atau bahkan terpaksa. Tapi tidak sedikit juga mereka yang menjadikan pekerjaannya menjadi passion buat mereka. Buat saya ini sesuatu yang hebat. Yang tadinya mungkin tidak suka, lalu bisa dirubah dan dijadikan passion bagi dirinya sendiri.

Random

Seperti biasanya...
dan tiba-tiba kangen masa-masa itu...

Saturday, January 26, 2013

Curhat Ngalor-ngidul

Hari ini edisi malas plus bosan untuk pergi kemana-mana. Seharian bener-bener gak keluar dari lingkungan apartemen. Kalau ditanya bosan, iya. Tapi memang kondisi badan ini sedang gak fit seperti biasanya. Kalau lagi sehat mungkin udah nyari kegiatan supaya gak mati gaya di kamar.

Ulas sedikit acara tadi malam. Jumat kemarin hari pertama saya masuk kantor lagi setelah 3 hari lamanya saya cuti. Saat menjelang siang, saya baru tau kalau mau ada acara nonton bareng setelah pulang jam kantor. Yaa, tentu saja saya juga ikut dong. Kali ini kami nonton film Hansel and Gretel, di PVJ (lagi). Lumayan seru filmnya, apalagi ini yang versi 3D. Jadi ada beberapa adegan yang sempet bikin saya kaget.

Thursday, January 24, 2013

Tiga Perkara


Ada tiga perkara yang tidak akan pernah diketahui anak manusia:
1. Lahir,
2. Jodoh, dan
3. Mati

Wednesday, January 23, 2013

Selamat Jalan Kawan, Selamat Jalan Indah Prasetya Sari

Hari selasa pagi dalam perjalanan menuju kantor di Sudirman-Jakarta, tiba-tiba teman lama nge-ping di bbm. Jujur aja, tanggapan saya saat itu, "ngapain sih dia, pake nge-ping dulu sebelum kirim message. Awas aja kalo bukan karena sesuatu yang penting."

Balasan bbm saya cukup singkat. Cuma nanya kenapa? Dan langsung to the point kalo dia gak perlu nge-ping, karena hape selalu ada di jangkauan dekat saya.

Eh,, sikap saya itu terlalu sadis yah? Duuuh,,, maap ya yanti...

Ternyata balasannya yanti benar-benar singkat tapi berhasil bikin saya shock. Dia menulis satu kalimat yang bikin saya kaget. Terdiam diantara keramaian di dalam bus antar kota jurusan cibinong-grogol.

Edisi lagi Ngambek

Arghhhhh,,,,,,

Rasanya lama sekali tidak menyambangi blog ini. #lebay dikit padahal terakhir post hari sabtu tanggal 19 januari kemarin. Bukan malas, juga bukan soal tidak punya ide menulis. Padahal jari-jemari ini sudah sangat gatal ingin menari di atas deretan keyboard.

Asal mula cerita, hari sabtu lalu di kantor karena udah mati gaya, akhirnya saya ngedraft sebuah tulisan bukan soal pamrih. Entahlah, memang sudah agak lama saya ingin menulis tentang hal tersebut. Unek-unek atau ngeluh atau apapun boleh menjadi kesimpulan yang baca tulisan itu. Tapi memang itulah yang pernah saya rasakan. Saya pun boleh bebas berpendapat kan?

Nah, saat di akhir-akhir tulisan tersebut tiba-tiba si tab putih kesayangan saya ini ngehang. Nggak tau kenapa. Tiba-tiba keyboardnya nggak kasih respon apapun. Nggak bisa disentuh trus diem aja, kayak orang lagi ngambek yang di colek-colek pun tetap gak kasih respon. #aduh, apaan sih nih perumpamaannya makin ngawur.

Saturday, January 19, 2013

Bukan Soal Pamrih

Pernah gak sih kita merasa udah baik sama orang lain tapi tidak mendapat perlakuan yang sama dari orang tersebut?

Bukannya pamrih. Sebagai manusia biasa yang punya hati dan pikiran, sudah nalurinya pasti ingin mendapat perlakuan baik dari orang disekelilingnya. Terlebih lagi dari orang yang sudah kita perlakukan dengan baik.

Tapi pada kenyataannya, semua itu tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Ada kalanya ketika kita baik dengan orang lain, kita tidak mendapat perlakuan baik dari orang tersebut.

Intinya apa?

Kita tidak akan pernah bisa mengendalikan bagaimana cara orang lain bersikap pada kita, tapi kita bisa mengendalikan diri agar selalu berbuat baik pada orang lain.

Mendaftar Relawan Kelas Inspirasi

Pernah mendengar Indonesia Mengajar? Atau Kelas Inspirasi? Atau Pak Anies Baswedan?

Kalau mendengar Indonesia Mengajar, saya jadi ingat relawan-relawan yang berkontribusi demi pendidikan Indonesia. Pergi ke wilayah yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Yang bisa jadi jauh ke pelosok Indonesia, bahkan mungkin gak keliatan di peta.

Jujur. Saya salut dengan kerelaan mereka. Mengorbankan sebagian kehidupan mereka. Saksi yang benar-benar saya lihat adalah istri teman saya sendiri. Dia menjadi relawan ke daerah di wilayah Indonesian Timur sana. Mengorbankan kehidupan mereka, menunda pernikahan mereka saat itu. Hanya untuk sesuatu yang disebut sebuah pengabdian kepada bangsa.

Saya sendiri pasti berfikir berulang kali untuk melakukan hal tersebut. Bahkan mungkin tidak berani membayangkan untuk ikut serta dalam kegiatan itu. Karena buat saya sendiri saat itu, tidak ada keberanian untuk tinggal jauh dari keluarga. Tinggal di tempat yang tak ada seorangpun saya kenal, setahun pula lamanya.

Thursday, January 17, 2013

Bahagia itu....

Tadi malam sengaja saya buat status di BBM dan ngetweet:

#Q : Bahagia itu....?    #A : ....

Pernah gak sih kita bertanya pada diri sendiri. Apa sih definisi bahagia itu buat kita? Lalu apa kita sudah merasakan bahagia itu? Atau apa yang membuat kita bahagia selama ini?

Ini bukan soal saya bahagia atau tidak. Pertanyaan iseng yang tiba-tiba terlintas di kepala saya. Hanya ingin tau opini orang lain tentang bahagia itu apa. Karena versi bahagia tiap orang itu kan bisa berbeda.

Pertanyaan simple tapi jawabannya beragam. Mulai dari yang serius sampe yang cuma bercandaan.

Sunday, January 13, 2013

Pose Pertama via Instagram

Gw termasuk orang yang gak terlalu suka ikut-ikutan dengan sesuatu yang lagi trend. Kalau gw suka dengan hal tersebut dan memang bagus, mungkin gw akan ikutan. Kalau sesuatu yang gw pikir gak perlu dan gak manfaat-manfaat amat biasanya gw gak ikut-ikutan. Apalagi cuma buat gaya-gayaan doang, paling apatis deh sama yang ginian.

Kayak fans terhadap artis, gw gak punya artis favorit. Atau menggilai suatu band atau seorang penyanyi, itu bukan gw banget. Atau tergila-gila dengan sebuah film, gw juga nggak. Biasanya setelah nonton film walaupun bagus, setelah nonton ya udah. Besok juga belum tentu gw inget. Haduh, apatis banget yah gw.

Sama ketika dulu orang-orang berboyong-boyong punya friendster, gw gak punya. Mungkin dulu gw dikatain gaptek kali yah. Trus ketika orang-orang punya twitter sejak lama, gw baru punya twitter awal tahun 2012. Telat banget kan?

Yang gw punya dan seriusin maennya jaman dulu itu facebook. Itu juga karena dulu saat awal facebook ramai di indonesia pas gw lagi nyari sesuatu yang baru, sehingga tertarik punya facebook. Sekarang? Ya sudah terbengkalai juga.

Trus sekarang, ketika orang-orang punya foursquare, path, instagram, dan aplikasi lain, gw? Ada sih beberapa, tidak semua. Pernah buat tapi setelah dibuat, trus terbengkalai juga.

Siapa yang Ultah, Siapa yang Kena Dikerjain

Sore itu, selepas sholat ashar saya ngobrol dengan beberapa rekan kerja di mushola. Obrolan para wanita ngalor ngidul dari A to Z. Karena dirasa sudah lama akhirnya kami kembali ke ruangan.

Saat kembali, Tri, salah satu rekan kerja saya dipanggil oleh Bagian Dana Jasa dan ditanyakan soal transaksi pengiriman uang ke Bank lain. Tri diberitahu kalau pengiriman uang tadi siang sebesar 89 juta di retur oleh Kantor Pusat sehingga nasabah komplain ke kantor.

Saya lihat, wajah Tri langsung berubah menjadi pucat pasi. Dia pun dimarahi oleh atasan karena tidak hati-hati dalam memproses transaksi nasabah. Terlebih lagi, nasabah sudah mengetahui kalau pengiriman uangnya ke bank lain tidak sampai hari itu juga.

Terus terang, saya juga jadi ikutan panik. Lihat dia yang pucat dan dimarahi. Saya juga jadi berpikir dalam hati, "duh, jangan-jangan transaksi tersebut saya yang approve. Kalau iya, ngeri juga nih!"

Saturday, January 12, 2013

Kerahasiaan Bank

Kemarin siang seorang teman tiba-tiba menelpon dan menanyakan perihal identitas sebuah rekening di tempat saya bekerja. Saya memang memiliki perangkat untuk mengambil data siapapun yang terdaftar menjadi nasabah. Lantas apa saya begitu saja memberikan data-data yang dia minta tersebut?

Saya pun bertanya, untuk apa dia menanyakan soal rekening tersebut. Karena saya atau siapapun yang bertatus sebagai pegawai bank tidak bisa sembarangan memberikan data-data nasabah kepada yang tidak berhak.

Dia menjelaskan apabila dia baru saja melakukan pembelian barang secara online di internet dan melakukan pembayaran melalui transfer. Hanya saja setelah melakukan transfer seperti tidak ada konfirmasi balik dari si seller.

Walaupun memang ada indikasi ini kasus penipuan, saya tetap tidak bisa memberikan data yang diinginkan oleh teman saya tersebut. Data-data nasabah hanya bisa saya berikan kepada pihak-pihak tertentu saja. Misalnya kepolisian, kejaksaan, atau pihak berwenang lainnya.

Nah, kenapa begitu?

Saturday, January 5, 2013

Welcome 2013

Yup...

Tahun 2013 akhirnya datang juga. Sebenarnya agak telat sih baru welcome kok udah tanggal 5 januari begini. Hehe....

Dengan sejuta alasan karena kesibukan dan alasan lain sehingga gak mampir-mampir ke blog ini. Baru sekarang deh gurat-gurat lagi disini.

Akhir tahun kemarin di tutup dengan lembur di kantor tanggal 31 Januari 2012 lalu. Itu karena adanya kewajiban bank-bank yang harus tetap membuka layanan pajak, jadilah saya dan rekan lain standby di kantor sampai pukul 15.00

Selepas itu? Pulang ke apartemen dan gogoleran disana. Mau ikut tahun baruan di rumah teman di bandung, agak males. Karena kan kasian dia kudu jemput saya ke cimahi trus malemnya kudu anter saya lagi. Yang ada saya malah ngerepotin jadinya.