Saturday, December 29, 2012

Kartu Bayar atau Kartu Ngutang??

Credit Card.

Siapa yang nggak kenal dengan benda yang satu itu. Jika digunakan dengan tepat, kartu ini bisa menghasilkan sesuatu yang positif. Tapi jika menggunakannya secara berlebihan, kartu ini bisa membawa dampak yang sangat negatif.

Saya sendiri, dulunya termasuk orang yang sangat anti untuk memiliki apalagi menggunakan kartu kredit. Yang ada di benak saya, kartu kredit ya kartu ngutang. Kalau saya bisa bayar tunai, lantas buat apa saya musti berhutang.

Waktu masih jadi junior di tempat kerja yang dulu, saya sampai jadi bahan ejekan karena tetap bersikeras tidak mau punya kartu kredit. "Kerjanya jadi orang bank, tapi kartu kredit aja masa nggak punya!" Ledekan salah satu senior saya dulu.

Senior saya pernah bercerita, kartu kredit itu asal digunakan dengan tepat maka tidak akan menimbulkan hal yang negatif bagi pemiliknya. Sebaiknya penggunaan kartu kredit juga hanya pada kondisi terdesak saja, bukan untuk konsumtif. Karena inilah yang biasanya menimbulkan dampak buruk kalau penggunanya tidak bisa menahan daya belinya kartu kredit.

Pernah suatu kali, saya sakit dan berobat sendiri ke RS. Uang tunai yang saya bawa ternyata tidak cukup, mesin ATM juga berada jauh dari loket RS tersebut. Loket tersebut juga tidak melayani kartu debit, hanya melayani kartu kredit. Kerasa deh kalo saya juga butuh kartu kredit di saat-saat tertentu.

Setelah kejadian itu, akhirnya saya terpaksa juga untuk punya kartu kredit. Jadi prinsip yang selama ini saya pertahankan akhirnya goyah... #alasan

Tapi tenang! Saya juga tetap bisa menahan diri untuk tidak berlebihan menggunakan kartu kredit. Karena buat saya, kartu kredit itu adalah kartu pembayaran bukan kartu hutang.

Eh, tapi bukan soal negatifnya kartu kredit yang ingin saya bagikan. Saya ingin cerita bagaimana mengelola kartu kredit agar tetap bisa memberi dampak yang positif bagi penggunanya, terutama bagi saya.

1. Kartu kredit itu alat pembayaran, bukan kartu hutang. Biasanya saya pakai kalau saya sedang tidak membawa uang tunai. Jadi saya bayar pake kartu kredit, nah pada saat muncul tagihan akan dilakukan full payment. Jadi gak ngutang kan? Dan saya pun tidak akan membayar bunga, karena saya bayar full dan tidak melewati masa tagihan.

2. Alat penunda pembayaran. Ini masih nyambung dengan no 1 di atas. Contohnya seperti ini. Saya melakukan pembelian barang dengan kartu kredit sebesar 500 ribu di awal bulan. Saya akan melakukan pembayaran pada saat akhir bulan muncul tagihan. Nah rentang waktu dari saya membeli barang dengan melakukan pembayaran, uang tersebut bisa saya gunakan untuk hal lain atau uangnya saya simpan untuk digunakan jika ada hal mendesak pada rentang waktu tersebut.

3. Program cicilan Nol Persen. Ini yang saya suka dari promo kartu kredit. Biasanya Bank yang menerbitkan kartu kredit akan mengeluarkan promo-promo tertentu setiap bulannya. Program yang saya suka adalah promo cicilan Nol Persen 6 atau 12 bulan. Jadi barang yang saya beli itu bisa di pilih untuk cicilan 6 atau 12 bulan dengan bunga nol persen. Jadi saya tidak perlu langsung membayar kan? Uangnya bisa saya gunakan untuk hal lain.

4. Cicilan berbunga ringan. Ini juga program yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit yang saya pakai. Setiap pembelanjaan yang saya lakukan selain bisa di bayar tunai bisa juga dijadikan cicilan berbunga ringan. Pilihan jangka waktu dan bunganya juga beragam bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kita punya.

5. Bunga kredit vs kenaikan suku bunga. Kalau ini sih main spekulasi sebenarnya. Jadi ceritanya saat itu saya dan rekan ditugaskan ke luar pulau. Nah karena uang tiketnya belum cair jadi kami beli tiket PP dengan kartu kredit saya deh. Trus pembayarannya saya rubah menggunakan cicilan ringan 0.79% per bulan untuk 12 bulan. Trus saat uang tiketnya cair di kemanakan dong?
Nah, uang tersebut saya gunakan untuk beli LM (Logam Mulia). Saya hitung-hitung kenaikan LM per tahunnya minimal 15% bahkan bisa lebih dari 20%. Memang sih disini saya maen spekulasi jadinya. Karena yang sudah pasti saya harus membayar bunga kartu kredit ke bank 0.79% x 12 bulan jadi 9.48% untuk satu tahun. Saya baru akan untung atau minimal BEP (break event point) pada saat tahun depan harga LM tersebut naik minimal 10%.
Tapi ya alhamdulillah memang perhitungan saya tidak meleset. Jadi gak rugi deh.


Trus gimana triknya supaya gak terjebak daya pikat konsumtifnya kartu kredit?
1. Gunakan dengan bijak. Pakai kalau memang mendesak. Kalau gak perlu-perlu amat ya jangan pake kartu kredit.

2. Cukup hanya dengan  punya 1 kartu kredit aja. Jangan punya kartu kredit lebih dari 1 bank. Semakin banyak punya kartu kredit, godaan untuk pakainya semakin besar. Kalau udah begitu ntar bayarnya juga pusing.

3. Bayar tepat waktu. Bayarlah pada saat jadwal pembayaran datang. Hal ini menghindarkan kita kena bunga. Karena kalau telat, pasti kena bunga dan denda keterlambatan pembayaran tagihan.

4. Full payment. Karena kartu kredit adalah kartu pembayaran, maka sebisa mungkin jangan bayar menggunakan minimum payment. Kalau sudah begitu pasti kena bunga deh. Namanya juga kartu kredit, bunga ber bunga.

5. Beli barang dengan promo cicilan nol persen. Nah kalo ini supaya efektif menggunakan uang. Jadi per bulan kita tinggal bayar cicilannya aja. Ringan dan tidak berbunga.

6. Kalau butuh barang tapi tidak bisa full payment, trus ga ada promo cicilan nol persen, rubah aja deh jadi cicilan berbunga ringan. Jadi dapet barang dengan tetap bisa mencicil berbunga ringan.

Hmmm, semua sih tergantung kita yah. Yang penting jangan tergoda untuk konsumtif. Apalagi kalau udah banyak tulisan Sale! terutama akhir tahun seperti ini kan pasti banyak Sale! dimana-mana.

10 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf postingnya saya delete, dilarang beriklan pinjaman disini.
      Terimakasih...

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf postingnya saya delete, dilarang beriklan pinjaman disini.
      Terimakasih...

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Halo, ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum, tentang penipuan pinjaman internet, itu benar-benar menyebabkan banyak kerusakan dan telah membawa beberapa keluarga dalam pemisahan dan penderitaan. Kami benar-benar berjuang untuk membawa para pelaku ke buku. Namun akan membutuhkan bantuan Anda, karena tanpa bantuan Anda, kami tidak bisa mengakhiri penipuan internet ini. Apa yang kita inginkan dari Anda sekarang adalah bagi Anda untuk mengisi formulir di bawah ini tepat.

    Nama Perusahaan: .............................................
    Perusahaan Usulan Alamat: ........................
    Perusahaan Alamat Email: ................................
    Jumlah Total Dibayar: .............................................
    Penerimaan Scan: ............................................... ......
    Nama Penerima: ............................................
    Cara Pembayaran: ..............................................

    Catatan: Informasi ini adalah bagi mereka yang telah menjadi korban oleh warga Nigeria yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit sedangkan mereka tidak. Jadi Polisi Nigeria dan EFCC bekerja begitu keras untuk memastikan kejahatan ini dibawa ke berhenti. Jika Anda cukup beruntung uang Anda menghabiskan mungkin dikembalikan kembali kepada Anda.
    Di sini kita hanya memiliki dua kreditur yang kredibel baik lokal maupun internasional, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kita bisa juga memberikan arahan yang lebih baik dan menyarankan untuk membimbing Anda dalam mendapatkan yang lebih baik dan transaksi transparan. Anda dapat menghubungi kami: nigerian.policeforce247@gmail.com.

    ReplyDelete
  5. Halo, saya Mrs Rose, pinjaman pribadi pemberi pinjaman company.We memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan memiliki business.loans Anda diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2% . Jadi hubungi kami hari ini via email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Kami adalah pemberi pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Kami adalah pemberi pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Saya Mrs mary pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    maryharryloanfirm@gmail.com. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)