Saturday, February 2, 2013

Pilih Dibawa Ngebut atau Bawa Ngebut?

Inget tadi malem, pulang dari Cimahi ke Bogor naik travel Silvercab. Mobil travelnya vios jadi penumpangnya cuma 3 orang, untung perempuan semua. Tadinya udah agak khawatir aja kalau penumpangnya cuma saya aja yang perempuan. Mungkin memang pengaturan dari si empunya travel kali yah, karena memang hanya 3 penumpang jadi dikelompokkan seperti itu. Sehingga penumpang merasa lebih aman dan nyaman.

Yang biasanya jarak tempuhnya 3 jam-an, tadi malam itu serasa cepat banget. Saya di jemput di apartemen tepat jam 7 malam dan keluar di gerbang tol gunung putri sekitar jam 9.30 malam. Jadi jarak tempuhnya sekitar 2 jam 30 menit. Waaaaw....

Sekilas soal travel ini, saya dapet kontak travel ini dari teman di kantor. Kebetulan sore itu saya tiba-tiba ingin pulang, trus saya tanya via bbm ke travel ini. Alhamdulillah masih ada kursi kosong di jam 7 malam. Jadi deh jam 6.30an saya segera cap cus dari kantor.

Soal kenyamanan. Lumayan lah. Tapi memang buat saya bisa di bilang super ngebut juga. Ratas kecepatan selama perjalanan berada di angka 100 km/jam. Hanya di beberapa kondisi dia menyesuaikan, jalanan yang ramai kendaraan besar misalnya.

Awalnya saya agak kaget juga. "Nih travel ngebut bener sih, asal jalanan kosong langsung tancap gas aja," pikir saya dalam hati.

Badan saya yang memang tidak dalam kondisi fit berasa banget gak enaknya. Mau tidur juga gak nyaman. Satu, karena badan sakit dan gak nyaman karena laju mobil begitu kencang. Kedua, karena ini pertama kali naik travel silvercab. Masih ada perasaan was-was aja takut ada apa-apa. Jadinya saya cuma merem-meremin mata supaya gak terlalu capek. Tapi kayaknya saya sempat ketiduran juga deh akhirnya.

Soal kecepatan tinggi si driver ini. Saya sempat merasakan kengerian juga. Pertama karena nyetirnya yang kurang nyaman. Kedua, karena mobil yang melaju begitu cepat. Mata saya tak henti-hentinya memperhatikan angka-angka yang ada di spedometer. Saya perhatikan, si driver ini maunya ada di kecepatan tinggi terus. Kalau jalanan kosong saja, langsung deh dia tancap gas. Ada celah sedikit aja, langsung deh nyalip sana-sini.

Tapi kejadian kengerian ini jadi mengingatkan saya pada sesuatu.

Hmm,,,,

Saya jadi ingat. Saya sendiri pernah bawa kendaraan dengan kecepatan begitu tinggi. Bahkan bisa dibilang super tinggi untuk driver amatiran seperti saya.

Tebak... Berapa kecepatan saya bawa kendaraan di cipularang?

Nyaris mencapai 120 km/jam.

Jarak yang saya tempuh saat itu sekitar 30 km, saya nyetir dengan kecepatan mencapai 120 km/jam. Serius. Saya tidak melihat angka-angka yang ada di spedometer. Ketika jalanan itu kosong atau jarak antara saya dengan mobil di depan cukup jauh, kaki ini secara refleks menekan pedal gas secara otomatis. Jadi ketika saya lihat ke spedometer, what... udah menyentuh 120 km/jam aja.

Pelan-pelan saya kurangi gas dan berusaha stabil di kecepatan 80 km/jam. Eh, gak lama tau-tau udah nembus di 100 km/jam lagi aja.

Jujur yah. Saya sendiri gak merasakan saya ngebut. Kayak berasa di kecepatan yang biasa aja. Refleks aja kaki menyesuaikan dengan jalanan. Bahkan ada bus atau truk besar aja dengan pede nya saya salip. Padahal mah bisa nyetirnya aja belum terlalu lama, lancar aja belum. Eh udah berani-beraninya ngebut.

Ternyata eh ternyata. Dua orang teman yang jadi penumpang saat itu, bisa di bilang mukanya pucat pasi gitu. Perasaan mereka dalam hati itu udah ngeri juga kali yah, cuma merekanya aja yang gak enak jujur sama saya. Selama perjalanan tersebut mungkin mereka terus-terusan berdoa supaya selamat sampai tujuan. Sama seperti doa saya tadi malam, agar kami semua selamat sampai tujuan.

Pelajaran yang saya dapat tadi malam adalah: kalau mau ngebut kudu liat-liat situasi.

Eh bukan deh.... Cuma bercanda.

Maksudnya, kalau kita yang jadi penumpang trus dibawa ngebut, suka ngeri trus ngedumel sepenuh hati. Giliran diri sendiri yang nyetir suka gak sadar ngebut, padahal mah penumpang di belakang udah ketakutan setengah mati.

Hehe... ya pokoknya sih kudu selalu hati-hati dan jaga diri.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)