Saturday, February 9, 2013

Sekedar Celoteh

Siapa pun kamu,
Apa pun pekerjaan kamu,
Darimana pun asal kamu,
Kamu memiliki arti di dunia ini....

Jangan pernah anggap remeh seseorang hanya karena pekerjaannya yang rendah, atau karna pendidikannya tidak setinggi kamu. Siapa pun dia, keberadaannya pasti memiliki peranan yang penting. Meski kadang tidak pernah kamu sadari.

Suatu kali, bapak yang biasa menyediakan air minum untuk seluruh pekerja di kantor tiba-tiba tidak masuk karena sakit. Setiap pagi biasanya bapak ini menyediakan gelas yang sudah terisi dengan air minum.

Pagi itu saya memang tidak melihat bapak itu hilir mudik. Dan meja kerja saya pun masih kosong tidak ada gelas yang tertata di tempat biasanya. Simple. Peranannya seperti sangat kecil, menyediakan air minum.

Tapi tau kah? Karena tidak ada bapak tersebut, kita jadi tidak menyempatkan untuk minum. Secara tidak sadar, kita jadi ketergantungan karena biasanya tinggal ambil di meja kerja masing-masing. Kita juga bingung, pantri rusak dan gak tau ambil gelas dimana. Akhirnya jadi pada beli air minum dalam kemasan.

Inilah... Siapapun dia dengan latarbelakang pekerjaannya, pasti memiliki suatu peranan penting dalam kehidupan. Jika sesuatu yang tadinya seimbang lalu kemudian hal kecil mengganggu salah satu komponennya, maka keseimbangan tersebut juga akan menjadi terganggu.

Misalnya, karena tidak ada bapak yang menyediakan minum lalu pekerja jadi lupa minum. Trus pekerja malas mencari gelas atau membeli air kemasan ke kantin. Akhirnya metabolisme tubuh pekerja terganggu karena dehidrasi. Kinerja petugas pun jadi tidak maksimal seperti biasanya deh.

Jadi secara tidak langsung, ketidakberadaan bapak yang biasa menyediakan minum bisa membuat kinerja pekerja menurun karena dehidrasi. Mungkin memang tidak se-ekstrim itu, tapi setiap komponen dalam kehidupan pasti memiliki keterikatan dan ketergantungan antara satu dengan lainnya. Ketika satu terganggu maka secara sadar maupun tidak pasti akan mempengaruhi siklus keseluruhan.

#contoh diatas cuma perumpamaan ngarang saya yang agak di hiperbola saja yah. Jangan terlalu dianggap serius.

Sama halnya dengan petugas kebersihan di jalan. Mungkin kita melihat pekerjaannya itu sepele. Tapi pernah sadarkah? Kalau dia tidak ada untuk membersihkan jalanan tersebut, pasti kita juga yang kerepotan. Jalanan jadi kotor, jorok dan kumuh jadinya.

Siapapun dia. Apapun pekerjaannya. Pasti memiliki arti dalam kehidupan ini. Jangan pernah sekalipun meremehkan seseorang hanya karena pekerjaannya.

#celoteh nggak jelas di siang bolong

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)