Saturday, May 18, 2013

My Story with Hastag Banker

@yayualitalia1. Sore tweeps.. Hari ini mau cerita soal kerja di Bank ah.. Napak tilas dari jaman dulu kenapa akhirnya terdampar di dunia perbankan. :D

@yayualitalia2. Jaman dulu kala *isshhh tua bener rasanya* gak pernah kebayang atau terlintas sedikit pun akan kerja di bank. Gak kepikiran. #Banker

@yayualitalia3. Sejak kecil punya cita2 jadi insinyur pertanian. Punya rumah di tengah kebun bunga yg luas. Sampe skrg juga sih masih pengen. #Banker

@yayualitalia4. Jaman smu sempat beralih. Pengen jadi sastrawan, penulis, psikolog, dsb. Ujung2nya sih ya balik ke cita2 asal. Jadi petani. #Banker

@yayualitalia5. Demi mewujudkan cita2 ikutlah USMI (ujian seleksi masuk ipb) dan milih program studi hortikultura. #Banker

@yayualitalia6. Selama 3 th 10 bulan belajar soal pertanaman trus 2008 lulus deh jadi insinyur pertanian. Separuh cita2 tercapai :D #Banker

@yayualitalia7. Saat kuliah tingkat 3, ada bbrp bank yg menyeleksi mhs2 untuk masuk ke perbankan. Saya? Gak ikutan. Gak memenuhi syarat ipk. #Banker

@yayualitalia8. Banyak teman2 saya yg sebelum lulus sudah masuk ke bank, salah satunya alm @prasetyasari ke bni melalui program seleksi td. #Banker

@yayualitalia9. Untuk lulus saya ambil topik kultur jaringan nepenthes mirabilis sbg skripsi saya. Saya jadi tertarik dg dunia kultur jaringan. #Banker

@yayualitalia10. Hingga lulus saya masih bercita2 akan kerja di bidang pertanian. Sebagai mimpi masa kecil. #Banker

@yayualitali11. Sembari nyari kerja, nyambi kerja di lab kultur jaringan dan jadi assisten praktikum di d3 ipb. #Banker

@yayualitalia12. Ternyata low bidang pertanian buat cewe itu susah2 gampang. Lebih terbuka untuk cowo. #Banker

@yayualitalia13. Ada perusahaan besar untuk staf kultur jaringan. Tapi tidak menerima yg berkerudung. Okeeey... Langsung balik badan. #Banker

@yayualitalia14. Mulai deh masukin CV ke perusahaan apapun, yg penting syarat adalah semua jurusan. Daripada lama menyandang gelar pengangguran. #Banker

@yayualitalia15. Berusaha lulus cepet kan bukan buat dapet gelar pengangguran. #Banker

@yayualitalia16. Tapi itulah kenyataan, ketika gelar mahasiswa di lepas maka secara otomatis gelar pengangguran tersemat. *miris* #Banker

@yayualitalia17. Gak lama low dosen d3 ipb dibuka. Ikutan masukin lamaran. Krn mulai suka dg dunia ajar-mengajar sbg asisten praktikum. #Banker

@yayualitalia18. Banyak teman juga yg apply dan dipanggil tes. Cuma saya yg ga dipanggil. Saking penasaran saya tlp panitianya. #Banker

@yayualitalia19. Katanya berkas saya gak pernah di terima. Pdhl saya kirimnya pake amplop khusus dg paket kilat khusus pula. Kecewa. #Banker

@yayualitalia20. Gak lama saya mulai apply ke bank2. Lalu di terima sbg CS di bank muamalat, tapi urung saya ambil posisi tsb. #Banker

@yayualitalia21. Ikut tes odp bukopin, odp bni, masih nihil. Tapi saya percaya, ketika satu pintu tertutup akan ada pintu rejeki lain yg menanti. #Banker

@yayualitalia22. Sampe saya pernah apply ke sebuah perusahaan yg namanya Samudera Indonesia. #Banker

@yayualitalia23. Suatu kali saya apply ke anz. Kantornya di sudirman, kav 44-46. Bingung nyari gedung yg namanya GKBI. Trus nanya ke satpam. #Banker

@yayualitalia24. Pertamanya nyasar ke gedung BRI I. Trus sbg anak kampung sy takjub ngeliat gedung kantor yg begitu tinggi dan bagus. *rada alay* #Banker

@yayualitalia25. Kata pak satpam di BRI I, lewati gedung mulia baru deh ketemu menara GKBI. Trus seharian itu tes di anz. #Banker

@yayualitalia26. Tak terhitung berapa cv yg saya apply. Tak sedikit juga yg ga dapat panggilan untuk tes. Nyerah? Tentu tidak. #Banker

@yayualitalia27. Akhirnya saya resmi diterima di anz. Tapi setelah di pikir2, ada rasa tidak sreg untuk kerja disana. Mundur juga deh akhirnya. #Banker

@yayualitalia28. Di job fair ipb 2008, saya memasukkan banyak lamaran termasuk salah satunya PPS bri. Saya cuma lihat, 'menerima segala jurusan'. #Banker

@yayualitalia29. Sambil nyambi jadi asisten lab kultur jaringan (honor waktu itu 800rb/bln), dan asisten d3 sekalian nyari kerja kesana kemari. #Banker

@yayualitalia30. Bulan desember 2008, pertama kali dapat panggilan tes intelegensia untuk PPS di pusdik bri ragunan. #Banker

@yayualitalia31. Pergi ke daerah ragunan dg modal tanya sana-sini di jalan. Demi tes pps bri. Padahal saat itu ga tau dgn jelas pps bri itu apa. #Banker

@yayualitalia32. Tes ke-2 bulan feb 2009. Pulangnya nyasar gara2 lupa harus naik bus apa dari pusdik, harusnya bus 605A malah bus 602. #Banker

@yayualitalia33. Tes selanjutnya maret, april dan diakhiri interview sdm bulan mei 2009. #Banker

@yayualitalia34. Dua kali di interview oleh sdm. Selalu ditanya, "siap ditempatkan dimana saja? Kapan saja?" #Banker

@yayualitalia35. Saat itu saya jawab, "iya saya siap!" Waktu itu dijawab siap, sejauh apa sih cewe ditempatin. Dalam hati mikirnya begitu. #Banker

@yayualitalia36. Saat interview saya pernah ditanya oleh pak @ugiedream, "impian kamu apa?" #Banker

@yayualitalia37. Besoknya sy liat di fb pak @ugiedream, "ditanya soal impian kok jawabnya membahagiakan ortu. Jd selama ini ortunya gak bahagia?" #Banker

@yayualitalia38. Untung saat interview saya ga jawab, "impian saya membahagiakan ortu." Hehe... #Banker

@MarinaRiskitaWah..itu jwbn saya wkt wwancra akhir pps mbak..hehe"@yayualitalia: 38. Untung saat interview saya ga jawab, "impian saya membahagiakan ortu.

@delsop@yayualitalia bhuhahaha gw dong wktu itu jwbnya pengen jd org kaya,trus ditanya emg klo kaya bkl bahagia? Re: interview pa ugi

@yayualitalia@delsop hihihi... Kayaknya semua peserta mmg ditanya soal impiannya apa yaak.

@yayualitalia39. Waktu itu saya blg, kalo saya ingin punya usaha di bidang pertanian, pgn bisa buka lapangan kerja untuk byk orang. Impian kecil. #Banker

@yayualitalia40. Selesai interview akhir. Lagi nunggu bus di kp.rambutan tau2 dpt telp kalo lulus dan diminta medcheck di pramita lab, mampang. #Banker

@yayualitalia41. Langsung berasa, inikah akhir penantian masa penggangguran itu. Berasa senang krn perjuangan 6 bulan ga sia2. #Banker

@yayualitalia42. Tes pps pertama, sampe sempet ngerasain pergantian thn dari des 2008-mei 2009. Akhirnya diakhiri dgn medcheck. #Banker

@yayualitalia43. Disuruh puasa dan jam 7 pagi harus sampe di TKP. Atau kalau telat, puasanya percuma dan gak bisa ikut medcheck. #Banker

@yayualitalia44. Gak tau jalan, modal nanya lagi. Dan ternyata mampang daerah super macet. Supir taxi juga gak tau pramita lab itu dimana. #Banker

@yayualitalia45. Sekalinya ketemu, pramita nya kelewat jauh dan posisi ada di sebrang jalan. Saat itu nyaris jam 7 pagi. Badan makin lemeeees... #Banker

@yayualitalia46. Taxi langsung putar arah. Macet pula. Jam 7 sudah. Langsung cepet2 telp ke lab nya. Diminta untuk datang secepatnya. #Banker

@yayualitalia47. Sampe lab jam 7 lewat. Tadinya udah pasrah aja kalo dianggap gagal. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan medcheck. #Banker

@yayualitalia48. Saat medcheck #PPS #BRI saya juga ketemu dg Frita. Nasibnya sama, nyaris telat. Bedanya ban motor yg mengantar dia pecah. #Banker

@yayualitalia49. Mulai dari tes buta warna, telinga, rekam jantung, paru2, dsb. Seluruh tubuh di cek. #Banker

@yayualitalia50. Setelah medcheck, saya tunggu2 kabar selanjutnya dari #BRI. Gak ada juga. Malah sudah ada teman lain yg tdt kontrak. #Banker

@yayualitalia51. Akhirnya pasrah aja. Mungkin rejeki saya di tempat lain, bukan di #BRI. Sudah tidak berharap banyak saat itu. #Banker

@yayualitalia52. Menjelang akhir mei 2009, tiba2 saya di hub kembali oleh #BRI. Diminta datang untuk tdt kontrak sbg #PPS #BRI. Alhamdulillah. #Banker

@yayualitalia53. Kedua kali saya injakkan kaki di gedung #BRI I, kalau sebelumnya nyasar krn nyari ANZ. Skrg tempat yg mmg saya tuju. #Banker

@yayualitalia54. Datang pertama ke ged #BRI I Lantai 14, div MSDM. Untuk tdt kontrak sbg #PPS #BRI. Pertama kali bertemu dg Nanda dan Revy. #Banker

@yayualitalia55. Saya harus masuk asrama sbg peserta #PPS #BRI diakhir mei 2009. Dan itu bbrp hari kemudian. #Banker

@yayualitalia56. Dianter ortu pindahan ke asrama #PPS #BRI. Pas registrasi ke petugas. Nama saya gak terdaftar. #Banker

@yayualitalia57. Jelas2 dr orang sdm kmrn, saya masuk tgl skrg. Lantas knp nama saya ga terdaftar sbg #PPS #BRI. Huaaaa... #Banker

@yayualitalia58. Setelah di cek oleh petugas. Ada peserta lain yg minta tukar ke batch berikutnya. Dan nama saya lah yg ditukar dgn dia. #Banker

@yayualitalia59. Kamar asrama mirip dg ipb, bedanya ini lebih seperti hotel tp isinya 4 tempat tidur. Ketemu 3 temen baru. #Banker

@yayualitalia60. Dan hari pertama sbg peserta #PPS #BRI yaitu 28 mei 2009. Hari pertama ketemu keluarga baru, #PPS 8-10 dan audit 2. #Banker

@yayualitalia61. Yup.. Nyaris 4 tahun lalu. Pertama datang sbg #PPS #BRI angkatan 10. Bertemu @RahmaAlArif @fachrie_rinaldi dsb. #Banker

@yayualitalia62. Ada pendidikan secapa di sukabumi. Mau jd #Banker tp ko di didik militer. Katanya sih supaya kita pd disiplin.

@yayualitalia63. Tapi habis dr secapa, dpt pendidikan lengkap juga gmn caranya jd #Banker. Mulai dr berpakaian sampai table manner.

@yayualitalia64. Sempat job training di kanca cik di tiro Jogja. Dan total menghabiskan waktu 11 bulan sbg peserta #PPS #BRI untuk jd seorang #Banker.

@yayualitalia65. Dan tepat 1 april 2010, kami semua diangkat mjd pegawai tetap #BRI. Dan mei 2010, saya ditempatkan di Divisi Layanan KP #BRI. #Banker

@yayualitalia66. Saat pertama buka sk, "yayu alitalia, jr staf 1 di bag layanan ganggung sistem & operasional unit kerja, sub bag core banking system"

@yayualitalia67. Pertama terlintas, "bagian apaan nih? Namanya aneh begini!" #Banker

@yayualitalia68. Hari pertama di layanan, saya lapor dengan kepala bagian. Seorang perempuan, berjilbab, kecil, tampak seorang ibu sekali. #Banker

@yayualitalia69. Pertanyaan pertama yg dia ajukan, "mba lulusan mana?"
Saya jawab, "ipb bu."
"IT atau informatika?" Tanya-nya lagi. #Banker

@yayualitalia70. "Atau jur matematika?"
"Bukan juga, bu. Saya jur pertanian-hortikultura."
Dia balik nanya, "Lho ko bisa ditempatin disini?" #Banker

@yayualitalia71. Jeeeng...Jeeeng...
Saya cuma senyum, dalam hati jawab, "saya mana tahu bu kalau akan ditempatkan disini." #Banker

@yayualitalia72. Ternyata bag LSO itu tempat unit kerja #BRI melaporkan segala masalah yg dihadapi. Kebanyakan org2 IT atau sebidangnya. Saya? #Banker

@hari_tunggulTempat bertanya SIBS mbak saya yg ini RT @yayualitalia: 72. Ternyata bag LSO itu tempat unit kerja #BRI melaporkan segala masalah

@yayualitaliaJaman dulu, skrg udah pensiun urusin sibs nya. Hehe... RT @hari_tunggul: Tempat bertanya SIBS mbak saya yg ini RT yayualitalia

@yayualitalia73. Sempat saya merasa nyasar disini. Nyasar di #BRI. Banyak hal yg tidak saya mengerti disini. #Banker

@yayualitalia74. Belajar hal2 baru yg lebih banyak berhub dg IT atau semacamnya. #Banker

@yayualitalia74. Pernah juga, saat angkat telp langsung dimarahin oleh orang cabang. Alamaaak... #Banker

@yayualitalia75. Pernah juga saat angkat tlp, "mba, dorong dong.."
Trus dg polosnya gue jawab, "dorong apa pak?"
"Tolong dorong printernya!"
Eh.. #Banker

@yayualitalia76. Tp krn #BRI inilah saya tau kyk apa aceh, malang, palembang, makasar, manado, jayapura dan kota2 lainnya. #Banker

@yayualitalia77. Saya bisa kenal banyak orang dari ujung aceh hingga jayapura. Punya banyak teman dan tau indonesia itu seperti apa. #Banker

@novaneri@yayualitalia yu dirimu nulis kronologi di bri. .. mau ikutin jejak selia, oca, ica, pepi, mia.... pps 8 sd 10 punah tu

@yayualitalia@novaneri niat mau ngikutin jejak mereka, tp gak saat ini mas. Hehe... Iseng aja, nulis soal #BRI.

@yayualitalia78. Dulu saya pernah menyesal dan bertanya, kenapa saya gagal tes di bni, bukopin atau tempat lain yg pernah saya apply. #Banker

@yayualitalia79. Pernah bertanya, knp jalan saya tak semulus teman2 lain dalam hal mencari pekerjaan. #Banker

@yayualitalia80. Tapi memang benar, ketika satu pintu tertutup maka pintu lain yg lebih baik akan terbuka untuk kita datangi. #Banker

@yayualitalia81. dan rencana Allah SWT selalu jauh lebih baik dan indah daripada rencana dan harapan umat-Nya. #Banker

@yayualitalia82. Oia, mmg benar tuh. Dulu kan pernah ditanya, "siap ditempatkan dimana saja, kapan saja?" #Banker

@yayualitalia83. Sampe di tanya bbrp kali. Trus saya jawab juga, "saya siap."
"Yakin?" Kata pewawancara.
saya jawab, "iya yakin." #Banker

@yayualitalia84. Jaman2nya di LSO sih, paling hanya bbrp hari aja saya ke berbagai kota. Malah pernah 2 minggu ga ngantor krn keluar kota. #Banker

@yayualitalia85. Prinsip 'semua akan (p)indah pada waktunya' ya memang benar juga. Saya juga pindah. #Banker

@yayualitalia86. Kalau gak saya yg meninggalkan, maka saya yang akan ditinggalkan duluan. #Banker

@yayualitalia87. Tepat 29 oktober 2012. Saya pindah ke Kanca Cimahi, Bandung. Another story begin... #Banker

@yayualitalia88. Nah, serunya kerja jadi #Banker, selain tau banyak daerah di tempat lain, kenal banyak orang, setiap hari bisa dpt ilmu baru.

@yayualitalia89. Yang namanya dimarahin nasabah, trus kita harus tetap tersenyum. Dan tetap bagaimanapun nasabah itu ga salah. #Banker

@yayualitalia90. Atau tiba2 sore hari dapet surat sakti dari kantor pusat, suruh lembur lah, suruh inilah, itulah. #Banker

@yayualitalia91. Dan adalagi yg paling seru adalah kapan aja bisa pindah kemana aja. Ini serius. Beneran. #Banker

@yayualitalia92. Iya, tau2 dapet kabar si A pindah ke tempat lain. Jadi ikut2an deg2an. Orang lain yg mutasi, siapapun bisa langsung ketar-ketir. #Banker

@yayualitalia93. Seorang teman, saking penasaran soal mutasi dia balik lg ke kantor di malam hari. Krn fax2 mutasi di kirim hari itu. #Banker

@yayualitalia94. Ternyata benar. Fax mutasi di kirim jam 7 malam hari itu. Cuma jatuh dan tergeletak di kolong meja. Yup! Dia juga mutasi. #Banker

@akarmimpiKesindir wkwkkwRT @yayualitalia: 94. Ternyata benar. Fax mutasi di kirim jam 7 malam hari itu. Cuma jatuh dan tergeletak di kolong meja.

@yayualitaliaNah, muncul 'pelaku' nya.. Hihi... RT @akarmimpi: Kesindir wkwkkwRT @yayualitalia: 94. Ternyata benar. Fax mutasi di kirim jam 7 malam hari

@yayualitalia95. Jadi yah, kerja di bank selain deg2an karna kpn aja bisa dimarahin nasabah, kpn aja bisa tau2 dipindah ke tempat yg tak terduga. #Banker

@yayualitalia96. Mencoba menikmati segala sesuatunya, mensyukuri semuanya. Mungkin itu akan terasa lebih mudah. #Banker

@yayualitalia97. Sampe ada tagline yg sering saya dengar, "sebelah kaki di kantor, sebelah lagi di kantor polisi." #Banker

@yayualitalia98. Yg penting berusaha kerja dg baik dan benar. Urusan rejeki dan yg lain, Allah SWT sudah merencakan yg indah untuk kita. #Banker

@yayualitalia99. Satu lagi, soal mutasi2 ini. Jadi kita bisa tiba2 aja ketemu orang yg sama di tempat yg berbeda. #Banker

@yayualitalia100. Pernah thn 2010 saya ketemu seseorang di palembang. Tau2 thn 2013 ketemu lg di jkt. Pdhl saya ga ingat ketemu dia dulu. #Banker

@yayualitalia101. Atau ketemu orang di cimahi, trus kemarin itu ketemu lagi di layanan. #BRI membuat dunia makin jadi sempit. #Banker

@yayualitalia102. Saya juga ketemu kakak kelas smp, kakak kelas smu, kakak tingkat kuliah, temen sesama lulusan ipb. Pdhl dulu ga saling kenal. #Banker

@yayualitalia103. Yang jelas #BRI benar2 membuat dunia menjadi sempit. Benar-benar sempit. Sempit sesempit-sempitnya... #Banker

@yayualitalia104. Tapi seru, jadi banyak kenal orang dari berbagai kalangan, berbagai daerah, nambah pengalaman hidup dan teman tentunya. #Banker

@yayualitalia105. Terakhir, happy anniversary #PPS #BRI angkatan 8, 9, 10 dan Audit angkatan 2. Terus berkarya mjd #Banker profesional

5 comments:

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)