Friday, November 25, 2011

Catatan kaki sang Perempuan

Teringat perbincangan sekitar 2 tahun lalu,
sebenarnya perbincangan ini di sela-sela menunggu ujian On The Job Training perkreditan, saya yang memang hobi ngobrol dengan siapapun (yang sudah kenal tentunya) bisa bicara ngalor ngidul tentang apapun.

Entah bagaimana mulanya, saat itu saya terlibat percakapan dengan Om Ical, ini sebutan kami (teman-teman PPS 10) untuk Pak Haikal. Seperti biasa percakapan yang tiba-tiba mengalir ke macam-macam hal... 

Dan saat itu tentang memaafkan pengkhianatan dari dua sisi. Sisi disini maksudnya adalah dua makhluk yang disebut perempuan dan laki-laki. Bagaimana cara pandang dua makhluk ini terhadap satu kata yakni maaf dihubungkan dengan pengkhianatan.

Yup, kami menghubungkan antara dua sisi berbeda tersebut dengan pengkhianatan dan maaf. Bagaimana perbedaan keduanya menyikapi hal tersebut.

--Laki-laki--
Ketika pasangannya melakukan pengkhianatan terhadap dirinya, laki-laki (kebanyakan) akan sulit untuk memaafkan kejadian tersebut. Dia akan sangat marah dan meninggalkan perempuan tersebut. Langsung menutup rapat-rapat pintu maafnya. Betapapun perempuan tersebut teramat dicintainya, karena dia menganggap harga dirinya sudah terinjak-injak. Intinya sih sangat sulit untuk memberikan kesempatan kedua bagi perempuan tersebut.
Tetapi satu diantara sekian banyak laki-laki pasti masih ada pengecualian diatas.

--Perempuan--
Saat sang pujaan hatinya berpindah kelain hati alias ada WIL (wanita idaman lain), lalu dia berselingkuh. Ada tanggapan yang berbeda dari seorang perempuan. Pada saat kejadian tersebut, memang sudah dipastikan perempuan akan sangat marah, kecewa, sedih, sakit hati, dan perasaan lainnya. 
Tetapi ternyata perempuan masih dapat menyediakan ruang maaf dihatinya (meskipun mungkin sangat kecil dan sempit, yang entah disudut mana di bagian hatinya). Dia masih bisa berusaha untuk dapat memaafkan pengkhianatan tersebut.

eittsss...... tetapi masih ada 'catatan kaki' nya lho...
(kata-kata ini yang masih saya ingat sampai sekarang, dan sebagian dari itu saya mengiyakan pendapat Om Ical ini...)


Maksudnya gimana catatan kaki ini?

Yup, bukan cuma cerita novel aja yang punya catatan kaki. Seperti hidup yang kita jalani ini pasti punya catatan kaki yang akan selalu kita ingat.
Hayo ngaku? hehehe...

Maksud catatan kaki disini adalah,
ketika perempuan memaafkan pengkhianatan yang dilakukan laki-laki, mungkin dia akan memaafkan dan menerimanya kembali. Tetapi tidak sampai dengan 100% karena hatinya terlanjur tersakiti. Pasti walau tersisa hanya 1%, cerita pengkhianatan tersebut akan menjadi catatan kaki di hidupnya. Yang akan dia ingat seumur hidup!

Yaaaa...seumur hidup!
Karena wanita adalah pencatat dan pengingat sejati. Jadi suatu saat jika sedang ingat dengan kejadian masa lalunya, atau sedang bertengkar dengan lelaki-nya, pasti catatan kaki itu akan segera muncul lagi diingatannya. Dan dibahas ulang sebagai luapan kekecewaannya saat itu.

Jadi, akhir dari pembicaraan kami saat itu. Kalau kebanyakan laki-laki tidak memaafkan pengkhianatan, sedangkan wanita masih bisa memaafkan tetapi dengan adanya catatan kaki tersebut seumur hidupnya.

Hmmm....Menurut kamu bagaimana?
Jangan terlalu dianggap serius, tulisan ini hanya pendapat kami saat itu. Tidak berniat apapun atau menganggap sama rata semua orang. 

Just sharing... :) 
and leave comment kalau kamu punya pendapat lain...

2 comments:

  1. yayuuu...hohohoho punya cerita sendiri ternyata di liku2 hidupnya...
    Kalo menurut (pengalaman) aku yah.....ada juga malah laki2 yang suka bahas2 masa lalu. Yang udah2 diungkit2 lagi...padahal masalah itu udah selesai, udah dibahas, dan udah ditutup...bilangnya sih "dimaafkan", "ayo mulai dari awal" tapi ternyata pas ada keadaan yg buruk hal itu dibuka2 lagi. Aku malah kebalikannya...paling gak suka masa lalu diungkit2. Buat apa juga, pikirku, kalo dalam hubungan isinya cuma nyimpen sakit hati. Loh...loh.....jadi ini yg suka bikin 'catatan kaki' menurutku malah laki2 loh. Hehehehe.....

    ReplyDelete
  2. Hmm,,, sebenernya sih mungkin itu lebih ke arah pribadi masing-masing, vin... Apakah si cowo atau cewe yang menyimpan catatan kaki itu, siapa saja bisa punya. Cuma tergantung dari masing-masing untuk menyimpannya. Kalo di simpan di hati ya kapan pun bisa muncul lagi, tapi kalo di simpannya di peti trus di gembok dan dibuang ke dasar laut terdalam..mungkin ga akan pernah muncul lagi ke permukaan. :)
    it's just share...

    ReplyDelete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)