Monday, January 9, 2012

Cita-cita dulu, kini dan nanti

Aku ingin begini... Aku ingin begitu...
Ingin ini, ingin itu, banyak sekali...
Semua... semua... semua... Dapat dikabulkan...
Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib...

Masih ingat lagu itu? Kebanyakan pasti pada ingat dengan theme song-nya Doraemon. Siapa sih yang nggak pernah nonton filmnya. Yang udah bapak-bapak/ibu-ibu pasti kenal karakter itu.

Tapi saya bukan mau cerita tentang kisah Doraemon atau Nobita. Tiba-tiba saja tadi malem saya teringat lagu itu dan perjalanan “cita-cita” sejak masa kecil.

Coba, siapa yang sejak kecil nggak pernah punya cita-cita? Jawabannya pasti tidak ada, karena setiap anak manusia sejak kecil pasti punya impian atau harapan ingin menjadi apa kelak. Dan bahkan sejak dalam kandungan ibunya mungkin dia sudah punya keinginan mau jadi apa setelah hadir di dunia. Who know ?!?...

Dan bagi saya sendiri perjalanan “cita-cita” saya juga mengalami perubahan dan pasang surut sampai dengan umur saya saat ini. Istilah kerennya sih ibarat air yang mengikuti aliran sungai, yang penting jangan sampai terbawa arus… Kalau sungainya belok ya ikut belok… Hehehe…. (mulai ngawur omongannya…)

Ya maksudnya sih sedikit banyak saya ingin cerita tentang perjalanan cita-cita itu sampai dengan sekarang. Kalau dihitung-hitung cita-cita saya itu agak banyak dan berubah-ubah sejak kecil, tapi yang jelas gak ada yang aneh-aneh kok… Diantaranya sih seperti :

Jaman TK
Sejak sebelum masuk TK saya senang corat-coret berwarna, seneng gambar, seneng ngelukis sehingga jadilah saat itu punya keinginan kalo sudah besar nanti pengen jadi pelukis. Apalagi di tv ada tuh acara belajar melukis, yg guru lukisnya itu selalu pake topi khas pelukis (lupa nama pelukisnya). Makanya saat itu di dinding kamar banyak ditempelin gambar-gambar buah tangan saya. Dan dulu sempat beberapa kali saya ngirim hasil gambar tersebut ke majalah Bobo, tapi ga tau dimuat atau nggak. Soalnya jarang beli. Hehehe…

Jaman masih SD
Waktu itu saya bercita-cita jadi insinyur pertanian, punya lahan yang luas yang dipenuhi dengan bermacam-macam tanaman. Mungkin saat itu saya agak terpengaruh karena lingkungan keluarga yang bergerak di dunia pertanian.
Yang paling saya ingat saat itu adalah saat saya dan teman2 lain menceritakan tentang cita-cita, saling membayangkan kalau sudah besar nanti kita memiliki profesi yang qt dambakan. Saya yang jadi insinyur pertanian, lalu lilik jadi dokter, dll. Seru deh kalo inget…

Jaman SMP
Nah pas smp, selera saya berubah lagi. Balik lagi seneng ke lukis. Malah waktu itu sempet ikut pameran lukisan di acara Pagelaran Seni di SMP. Seneng banget rasanya saat lukisan itu terpajang di Ruang Pameran, ada kebanggaan tersendiri. Jadi makin sering deh ngelukis… Trus sempet juga ikut lomba-lomba di Bogor, walau gak sempet menang.

Jaman SMA Awal
Nah ini berubah lagi. Sejak masuk SMA dan kebetulan deket ke Gramedia, jadilah sering nangkring, eh salah.. maen ke Gramed. Buat apa? Buat baca buku gratis. Entah dapet ilham darimana tiba-tiba jadi seneng baca buku yang terkait dengan psikologi remaja. Kayaknya sih gara-gara buku Chicken Soup for the Teenage Soul. Trus jadi ketagihan sama buku-buku tentang psikologi. Berubah haluan lagi deh pengen jadi psikolog… Mulai ngumpulin buku-buku tentang psikologi remaja.
Selain itu, saya juga jadi mulai senang nulis trus ikut-ikutan masuk ke ekskul Majalah sekolah. Nulis macem-macem trus ikut lomba-lomba juga. Yang paling membanggakan pada tahun 2002 saya berhasil menang lomba Karya Tulis Nasional dalam rangka Menyambut 100 tahun Bung Hatta. Setelah itu makin giat deh nulis dan nulis… mulai dari nulis cerpen, puisi, dll. Tapi Cuma jadi koleksi sendiri aja. Sekarang gak tau itu buku ada dimana. Maklumlah hasil karya masih alay.

Jaman SMA akhir masa-masa sebelum lulus
Ini masa-masa pilihan dan penuh kegalauan nih, karena menentukan masa depan mau dibawa kemana. Kalo lagu jaman sekarang, “Mau dibawa kemana hubungan kita……”
Kebingungan mau kuliah kemana, jurusan apa dan mau jadi apa. Waktu itu di awal-awal kelas 3 SMA ada pembukaan USMI (ujian seleksi masuk IPB), kuota yang dikasih IPB untuk anak murid SMU 3 Bogor cukup banyak. Jadi kesempatan sangat besar. Nah nyari-nyari info ketemu deh jurusan Budidaya Pertanian program studi Hortikultura, yang menangani budidaya buah, sayuran, tanaman hias dan bunga-bungaan. Jelas saja impian masa kecil jadi muncul kembali. Langsung deh ambil formulir pendaftaran USMI dengan pilihan program studi Hortikultura. Alhamdulillah lulus, jadi gak perlu repot tes UMPTN deh…

Jaman Kuliah
Sibuk dengan menikmati dunia pertanian. Ceritanya sih ingin mewujudkan impian masa kecil. Punya perkebunan/nursery, punya usaha di dunia pertanian. Apalagi impian saya kebunnya adalah di belakang rumah. Jadi saya berwirausaha dari rumah. Senangnya rasanya bisa bisnis tetapi tidak meninggalkan keluarga.

Masa Kegalauan (masa-masa mencari pekerjaan)
Karena jadi asisten dosen dan asisten laboratorium Kultur Jaringan, tiba-tiba pengen jadi dosen. Nah lho??? Berubah haluan. Tapi ternyata gak jadi, alasannya pernah saya ceritakan disini. Sebenarnya sih udah hampir putus asa nyari kerja gak dapet-dapet, nyari kerja di dunia pertanian ternyata susah. Akhirnya lowongan apapun dicobain, yang penting dapur tetep ngebul. Hehehe...

Era jadi pengacara
Bukan maksudnya saya jadi pengacara, tapi pengacara = pengangguran gak punya acara. Pengen jadi wirausahawan tapi gak punya modal. Hahahaha…. Luntang-lantung nyari kerjaan sana-sini, sampe akhirnya Alhamdulillah diterima di BRI.

Masa-masa pegawai
Kalau ditanya sekarang saya mau jadi apa? Saya juga bingung. Keinginan saya buat jadi petani tetap ada, petani modern tentunya. Jadi wirausahawan tetep pengen juga. Bingung kan, ya sekarang saya mencoba melakukan yang terbaik yang saya bisa. Kemana dan jadi apa, insyaAllah itu adalah jalan yang terbaik. Yang jelas saya tidak akan selamanya menjadi pegawai, karena saya tetap akan mengutamakan keluarga. Saya tidak memungkiri jika suatu saat akan keluar dari pekerjaan saya saat ini demi keluarga.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)