Friday, June 29, 2012

Another Story About ‘Pasrah’ to Allah

Beberapa hari lalu saya secara tidak langsung mengalami sebuah episode mengenai kepasrahan ketika di sela-sela jam kerja. Saya sih lebih senang menyebutnya kejadian tersebut sebagai balada pasrah.

(Kalimat di atas ini terdengar terlalu serius ga sih? Niat saya ini mau ngelucu lho... Atau memang saya yang tidak bakat dalam hal melucu. Maybe... But It’s real me)

Ok, baiklah...
Kita mulai saja cerita balada pasrah yang kemarin itu saya alami.

Pagi-pagi hari itu, saya mengalami rutinitas seperti biasa. Berangkat dari kosan ke kantor dengan waktu yang nyaris terlambat, lalu terburu-buru di perjalanan (baca: jalan kaki hingga lari kecil) dan sampai di kantor doa pagi yang sudah dimulai. Lalu mengendap-endap berbaur dengan rekan kerja yang lain.
(Ups,,, ceritanya terlalu melebar..)

Singkat cerita, setelah selesai doa pagi saya dengan rekan kerja turun ke belakang kantor untuk nyari sarapan. Terpilihlah nasi uduk di depan BeWe (Bendungan Walahar), biasanya ga pernah beli disini. Cuma kata orang-orang enak jadi ga ada salahnya nyobain.
(masih melebar ya... Hehehe...)

(Lebih singkat lagi)
Habis sarapan itu (makan nasi uduk trus beli jus jambu), sekitar jam Sembilan setelah Sholat Dhuha tiba-tiba terlintas dalam hati, “Kayaknya udah berapa hari ini ga terima telp dari cabang di HP” entah darimana pernyataan itu muncul begitu saja.

Ketika hendak menuju ke meja kerja dari mushola, baru saja pakai sepatu sebelah kanan. “Dung…dung…. Dung…dung…” hape saya bunyi dong,,, (serius bunyi, dan memang sengaja nada deringnya seperti itu supaya ga terlalu rame sih maksudnya)

Eh,,, kok langsung bunyi sih *tepok jidat* baru juga di omongin! Dan firasat saya mengatakan kalau itu telp dari cabang. No-nya sih daerah Jakarta.

Yaaa,,, tentu saja saya angkat dong. Dan ternyata yang telp adalah TFO (Trade finance officer) yang mengadukan masalah yang sedang dihadapinya.

Trus,, tiba-tiba saja saya jadi mules... gak tau deh, ini mules dalam arti sebenarnya (karena perpaduan antara nasi uduk dan jus jambu yang tadi saya makan) atau mules karena perasaan tidak enak mengangkat telp. Hahaha....

Tidak lama petugas cabang yang tadi di ceritakan TFO itu pun telp, dia menjelaskan duduk perkara yang dia hadapi.


Berikut percakapannya:

(Beberapa saat percakapan mengenai masalah, lalu menuju klimaks percakapan.)

Saya : "Ok, Pak. Saya sudah confirm ke TSI. Yang bisa bapak coba ada 2 hal. Yang pertama di PC Pak Pinca programnya kita lakukan RegUnreg, atau program tersebut di RegUnreg di PC Server Cabang. Gimana?"


Pet   : "Jadi harus utak-atik PC Pak Pinca, Bu?"

Saya : "Iya."

Pet   : "Wah, saya nggak berani masuk ke ruang Pak Pinca, Bu. Kemarin Saya sudah bolak-balik kesana, nanti dikira mempermainkan beliau."

Saya : "Kalau gitu ke Server aja, Pak."

Pet   : "Kalau di suruh ke PC Server juga saya ga berani, bu."

Saya : "Ya udah kalau gitu sama petugas IT-nya aja deh, pak?"

Pet   : "Saya cek dulu ya, bu."


Beberapa saat setelah itu.

Pet   : "Bu, petugas IT nya sedang pendidikan di pusdik."

Saya : "Back up nya?"

Pet   : "Ada petugas ATM. Gimana bu?"

Saya : "Boleh."


Beberapa saat kemudian.

Pet   : "Bu, petugas ATM nya tidak ada di tempat."

Saya : "Ya udah, bapak aja deh ke ruang server yang penting ga utak-atik yang aneh-aneh. Gimana?"

Pet   : "Saya beneran gak berani, bu. Nanti kalau terjadi sesuatu gimana?"

Saya : "Yang penting bapak jangan melakukan yang aneh-aneh aja, kalau ngelakuin itu bisa bikin cabang offline," (kacau ya, malah nakutin)

Pet   : "Nggak deh, bu.. beneran saya takut."

Saya : "Ya udah, kalau gitu panggil implementor kanwil gimana?"

Pet   : "Jauh bu, trus nanti kalau pas mereka kesini ternyata masalah udah selesai gimana?"

Saya : *mulai kesal* ,  "Trus, bapak maunya gimana? Disuruh ini takut, itu gak mau. Jadi bapak maunya gimana?"

Pet   : "Saya pasrah sama Allah aja deh, Bu."

Saya : *speech less*  , *terdiam sekian detik* , 
        (dalam hati: Whaaatttt... $%^#@&*!#%),
        *bingung* ,  *mulai ngakak*
        "Jadi gimana pak?"

Pet   : "Nanti saya telp ibu lagi deh."

Saya : *dalam hati* (please deh pak, memang masalah selesai cuma dengan pasrah!)

Dan mules saya pun jadi hilang, berganti dengan ketawa ngakak karena kejadian barusan. Balada pasrah ini bener-bener bikin saya tertawa terpingkal.


Kelanjutannya:
Siang hari sekitar jam 2 atau jam 3, saya sms ke TFO nya untuk menanyakan bagaimana kelanjutan masalah yang tadi pagi.

Saya : Mas, gimana transaksinya?

TFO  : Alhamdulillah sudah Bu, terimakasih atas bantuannya.

Saya : *bingung* akhirnya tidak membalas sms tersebut.

Jadi kepasrahan tadi pagi itu membuahkan hasil ternyata. Transaksi berlanjut dan berhasil.

Balada pasrah ini bener-bener bikin saya tertawa dan terheran-heran pada akhirnya. Maaf ya kalau ceritanya garing alias tidak lucu. Cuma mau sharing aja... hehe...

have a nice Friday all…

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)