Tuesday, April 2, 2013

Manado, here i'm...

Ingat pertama kali menjejakkan kaki di Manado.

Pertama kali ke kota ini karena saat itu saya mendapat undangan untuk mengajar dari kantor wilayah manado. Saat itu saya berangkat sendiri dari jakarta. Saya sudah terbiasa untuk pergi jauh ke kota asing sendirian. Seperti ada kenikmatan sebagai seorang yang mandiri dan senang ngebolang di kota orang.

Untuk sampai ke bandara, biasanya saya menggunakan taxi dari kosan. Biaya taxi sekitar 100 ribuan. Tergantung jenis taxi yang digunakan dan kemacetan lalu lintas yang dihadapi.

Yang bikin seru kali ini adalah, saya iseng mencoba rute baru. Yang biasanya menggunakan taxi, atas saran desi jadilah saya menggunakan bus damri ke bandara. Ceritanya sih mencoba untuk lebih hemat.

Sahabat saya yang satu ini ngajarin untuk naik ojek dari kosan ke pool bus damri di daerah blok M. Ongkos ojeknya kalo ga salah sekitar 15-20 ribu. Nah baru dari pool naik bus damri ke bandara. Ongkosnya saya lupa, kalo gak salah sekitar 30 ribuan. Nah kalau dibandingkan dengan ongkos taxi, hemat sekitar setengahnya kan.

Selain itu saya juga sengaja mengambil penerbangan pagi. Jadi sampai di manadonya siang. Agar apa? Agar saya bisa ngebolang dulu di manado. *udah rencana jalan2 :D

Pagi-pagi saya langsung nyari abang ojek di ujung gang kosan. Trus tawar menawar harga. Lupa saat itu dealnya berapa. Kalau ga salah sih gak lebih dari 20 ribu. Agak alot juga tuh tawar-menawar harganya.

Habis itu, langsung deh saya meluncur bersama si abang ojek. Melaju kencang menembus kemacetan pagi jalanan ibukota. Jujur, saya agak ngeri kalo naek ojek di jakarta. Kalo gak butuh-butuh amat sih saya males deh naik ojek di jakarta. Ngeri...

Sesampainya di bus damri, gak lama saya pun langsung melanjutkan tidur saya yang berkurang tadi malam. *Emang dasar tuti nih... tukang tidur. nemu tempat adem dan bisa sandaran langsung merem.

Gak lama, teman saya yang lain ngebbm. Bilang kalau saya itu gak ada kerjaan. Ngapain juga saya jauh-jauh ke pool damri di blok M, padahal bisa naik busway dan turun di ratu plaza trus nunggu damrinya disana. Hahaha.... jujur aja kalau saya gak tau ternyata bisa pakai cara tersebut. Karena udah kejadian yowes lah ya...

Sampai di bandara. Langsung saya duduk manis di ruang tunggu. Mau ke lounge juga males karena waktu santainya cuma sebentar. Jadilah autis di ruang tunggu.

Nah, karena niat saya akan jalan-jalan setelah sampai di manado, hari itu saya tidak berpakaian resmi. Beneran, pakaian saya saat itu sangat casual. Nggak ada resmi-resminya. Pakai celana jeans, kaos casual, sepatu crocs pink trus bawa tas ransel gede warna hitam.

Sebelah saya ada mbak-mbak yang sedang duduk juga. Dia berpakaian sangat rapih dan office look. Sangat berkebalikan dengan saya. Tukang komentar saya tiba-tiba muncul saat itu. Trus iseng saya banding-bandingin penampilan dia dengan saya. Haha...nggak ada kerjaan banget kan.

Itu useless saya di bandara. :D

Sampainya di manado, saya dijemput oleh driver. Biasanya ada staf yang menjemput, tapi kali ini tidak. Saya sih oke sajalah. Malah tadinya merasa senang, berartikan saya bisa langsung diantar ke hotel lalu saya bisa ngebolang deh.

Etapi... ternyata semua diluar perkiraan saya. Pak drivernya bilang, kalau semua  hotel di manado full sehingga saya belum punya tempat untuk bermalam. What???

Huftttt.... lemes deh...

Karena saya belum punya penginapan, PIC kanwil yang mengundang pun meminta agar saya mampir ke kantor wilayah dulu. What?? *shock therapy kedua*

Saya langsung komentar sama drivernya, "Duh pak, saya ini gak lagi berpakaian kantor. Masa iya saya ke kantor dulu. Nggak rapih begini..." dengan muka melas berharap drivernya berubah pikiran gak bawa saya ke kantor.

Tetap aja pada akhirnya saya dibawa ke kantor wilayah. Duuuh, masa pakaian begini datang ke kantor sih. Ya apa boleh buat sih...

Akhirnya saya sampai juga di kantor wilayah. Trus, ketemu deh sama kepala bagiannya. Maunya sih nggak ngadep, tapi ya gitu deh. Sama PIC nya saya diminta ketemu dengan kabagnya.

Truuuus.... Ya kabagnya bingung juga sih liat saya, kayaknya sih bingung karena lihat penampilan saya deh. Nggak ada tampang seorang instruktur, gayanya kayak abg yang mau holiday aja. *ngarep tampang masih dianggap abg*

Saya pun mengenalkan diri sebagai instruktur yang akan mengajar besok. Sombong dikit ketika ditanya soal materi yang akan saya isi besok. Ya biar keliatan berbobot lah. Muka abg tapi ilmu boleh diadu. *sombong*

Ternyata dong. Semua hotel bintang di manado hari itu full. Akhirnya setelah nyari kesana-kesini mereka hanya bisa mendapatkan hotel kelas melati untuk saya bermalam. Ya daripada gak ada tempat bernaung. Hotelnya kalau dilihat ya agak-agak horor gitu. Apalagi kamar mandinya, kayak di film-film gitu deh. Tapi ya, namanya ngantuk mah ya tidur aja lah...

Yang niatnya mau jalan-jalan pas sampe manado, gak kesampean. Dasar emang, kalau udah diniatin duluan malah suka gak kesampean.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)