Saturday, January 19, 2013

Bukan Soal Pamrih

Pernah gak sih kita merasa udah baik sama orang lain tapi tidak mendapat perlakuan yang sama dari orang tersebut?

Bukannya pamrih. Sebagai manusia biasa yang punya hati dan pikiran, sudah nalurinya pasti ingin mendapat perlakuan baik dari orang disekelilingnya. Terlebih lagi dari orang yang sudah kita perlakukan dengan baik.

Tapi pada kenyataannya, semua itu tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Ada kalanya ketika kita baik dengan orang lain, kita tidak mendapat perlakuan baik dari orang tersebut.

Intinya apa?

Kita tidak akan pernah bisa mengendalikan bagaimana cara orang lain bersikap pada kita, tapi kita bisa mengendalikan diri agar selalu berbuat baik pada orang lain.

Iya... biar saja ketika ada orang lain yang sudah kita perlakukan dengan baik tapi tidak baik sama kita. Yang penting kita tidak terpengaruh untuk melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan.

Kita berbuat baik pada banyak orang, tidak selalu orang-orang tersebut akan membalas seperti yang kita harapkan. Tapi yakin saja, kalau niat kita baik akan selalu ada jalan baik yang kita temui. Kalau perlakuan kita baik, pasti akan selalu datang orang baik yang membantu saat kita berada kesusahan.

Tapi kalau kita yang tidak baik dengan orang lain, sudah pasti kita tidak akan mendapat perlakuan yang baik dari orang lain.

Ibarat kata: ketika kamu menebar benih padi, maka bisa saja ada tumbuh ilalang disana. Namun ketika kamu menebar benih ilalang, maka tidak akan pernah tumbuh padi disana. #edisi lebay sok bijak.

Jadi, teruslah berbuat baik kapanpun, dimanapun dan pada siapapun. Nggak usah berharap balasan yang sama dari orang tersebut, tapi yakinlah pasti akan ada kebaikan dari setiap tindakan kita.

Karena apa? Karena Allah tidak akan pernah tidur... right...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)