Saturday, January 19, 2013

Mendaftar Relawan Kelas Inspirasi

Pernah mendengar Indonesia Mengajar? Atau Kelas Inspirasi? Atau Pak Anies Baswedan?

Kalau mendengar Indonesia Mengajar, saya jadi ingat relawan-relawan yang berkontribusi demi pendidikan Indonesia. Pergi ke wilayah yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Yang bisa jadi jauh ke pelosok Indonesia, bahkan mungkin gak keliatan di peta.

Jujur. Saya salut dengan kerelaan mereka. Mengorbankan sebagian kehidupan mereka. Saksi yang benar-benar saya lihat adalah istri teman saya sendiri. Dia menjadi relawan ke daerah di wilayah Indonesian Timur sana. Mengorbankan kehidupan mereka, menunda pernikahan mereka saat itu. Hanya untuk sesuatu yang disebut sebuah pengabdian kepada bangsa.

Saya sendiri pasti berfikir berulang kali untuk melakukan hal tersebut. Bahkan mungkin tidak berani membayangkan untuk ikut serta dalam kegiatan itu. Karena buat saya sendiri saat itu, tidak ada keberanian untuk tinggal jauh dari keluarga. Tinggal di tempat yang tak ada seorangpun saya kenal, setahun pula lamanya.

Kemudian, saya pun mendengar yang disebut Kelas Inspirasi. Ini merupakan wadah bagi yang tidak bisa ikut Indonesia Mengajar. Mungkin karena sudah terikat pernikahan atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau karena hal lain. Nah, inilah pengabdian dengan wujud yang lain tersebut.

Di tahun 2012 beberapa orang yang saya kenal ternyata ikut Kelas Inspirasi ini. Mendengar langsung kisah mereka dalam satu hari berbagi inspirasi bikin saya mupeng. Seandainya tahu ada pendaftaran ini, ingin juga ikutan daftar. Dan teman saya arninta juga menceritakan kisahnya disini, disini, disini dan disini. Tuh mupeng kan jadinya.

Nah, hari jumat malam sekitar jam 11an secara tidak sengaja saya liat display picture bbm dania (relawan kelas inspirasi, teman kantor) tentang pendaftaran kelas inspirasi. Setelah baca webnya disini, sejenak saya berfikir dan akhirnya dengan yakin saya memutuskan untuk ikutan daftar juga. Bismillah saja...

Setelah ketak-ketik isi formulir pendaftarannya, beberapa saat kemudian saya pun mendapat balasan email konfirmasi pendaftaran untuk jadi relawan kelas inspirasi. Nih bentuk email balasannya.


Kelas Inspirasi ini diadakan serentak tanggal 20 Februari 2013 di beberapa kota besar di Indonesia. Pendaftaran itu sendiri di tutup tanggal 22 Januari dan pengumuman yang akan jadi relawan di tanggal 31 Januari. Nah walaupun sudah daftar belum tentu akan jadi relawan, karena masih ada tahap seleksinya. Jadi saya berdoa saja kalau akan diberikan kesempatan untuk satu hari berbagi inspirasi kepada anak-anak SD. Kota yang saya pilih adalah Bandung, yang dekat dengan Cimahi.

Right.. Semoga saya diberi kesempatan untuk berkontribusi dalam hari inspirasi ini.

Think big, start small and act now!

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)