Tuesday, December 13, 2011

Berbuat baik itu susah ?!?

Waktu itu saya pernah di tanya seseorang, "Berbuat baik itu gampang atau susah?"

"Gampang-gampang susah..." saya bilang. 

"Kenapa?" tanyanya lagi.

Saya berpikir sejenak, karena jawaban yang saya lontarkan itu sebenarnya keluar begitu saja dari mulut. "Ya.... karena memang berbuat baik itu gampang-gampang susah. Untuk berbuat baik itu kan kadang gampang kadang susah."

Lalu dia lanjut nanya, "Kalau jadi orang baik, gampang atau susah?"

"Sama halnya dengan berbuat baik, jadi orang baik juga gampang-gampang susah" jawab saya.

"Hmmmm...." Dia terdiam beberapa saat, "Kalau saya bilang jadi orang baik itu susah gimana?"

"Bisa jadi gampang, tapi bisa juga susah. Bisa saja mau berbuat baik lalu terbentur suatu hal sehingga niat baiknya itu tidak jadi terlaksana" pendapat saya.

Lalu dia mengomentari pendapat saya sambil senyum, "Berbuat baik itu sebenarnya hal yang gampang, konsisten berbuat baik yang menjadikannya susah."

"Maksudnya???" sebuah tanda tanya di jidat saya. *plus sambil nyengir :D

"Coba kamu renungkan... Untuk berbuat baik merupakan hal yang mudah bagi kita. Tapi konsisten berbuat baik yang kadang susah. Bisa saja kita baik pada seseorang, lalu karena disakiti lalu kita jadi berbuat kebalikannya. Dalam keadaan inilah kita sudah tidak konsisten berbuat baik."


:: tulisan gak jelas yang tiba-tiba muncul di memory ingatan ::

4 comments:

  1. kan pertanyaannya sudah dijawab tapi kok muncul kata "konsisten" ya... kayaknya kata "konsisten" kan bukan alasan pertanyaan diatas deh..

    berbuat baik itu perbuatan tunggal, konsisten perbuatan berulang.. yang ditanya kan perbuatan tunggal, kok alasannya pake perbuatan berulang... hehe ngomong apa sih aku.. :D

    ReplyDelete
  2. yayuu... mirip niy sama postingan ku... klo ini berbuat baik, klo aku membuat perbaikan... konsisten itu pada dasarnya memang hal yang sulit... dalam hal apapun. tp namanya manusia, pasti akan terus berintrospeksi, review diri.. dan itu kita udh berbuat satu hal yang konsisten yaitu selalu berusaha untuk membuat perbaikan dan evaluasi diri... kadang yang buat kita jadi terkesan tidak konsisten ada faktor x diluar diri kita siy, itu gak bisa dipungkiri karena kita makhluk sosial...

    *jadi ngelantur ya??

    hehehe ya sud, intinya siy klo memang kita sudah meniatkan diri untuk berbuat baik ya berbuatlah, toh penilaian akhir bukan di manusia :)

    ReplyDelete
  3. @ tutorial photoscape : Yang nanya aq seorang motivator lho. Mungkin itu hasil analisis dia kali. Hehehe...

    @ sita : Aq baru baca blog kamu, sita... Kok bisa mirip ya tulisan kita. Trus nulisnya bareng pula tgl 13 des. Hehehe....
    Iya memang faktor x itulah yang bisa mengganggu ke-konsistensi-an kita, yang tadinya udh niat baik jadi berubah deh.

    ReplyDelete
  4. ndak usah dipikirin, itu tandanya masih manusia hehe..

    ReplyDelete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)