Sunday, December 4, 2011

Kapan mewujudkannya?

Sewaktu ikut training mengenai 'Assertive Communications' di Denpasar awal tahun 2011 ini, ada satu topik pembicaraan dengan si trainer yang sedang saya ingat sekarang. Sayangnya saya lupa nama trainernya itu siapa.... Hehehe...

Di hari pertama, trainer itu bertanya pada saya, "Apa misi saya kedepan?"

Dengan semangat saya jawab, "Saya tidak akan selamanya menjadi pegawai, saya ingin menjadi orang bebas dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Intinya saya ingin punya kebebasan secara finansial."

Lalu dia kembali bertanya,"Bagaimana cara mewujudkan mimpimu itu"

Masih dengan semangat menggebu saya jawab, "Maksimal saya akan menjadi pegawai adalah 10 tahun. Setelah itu saya akan membuka usaha, agar bisa memiliki banyak waktu bagi keluarga saya nanti."

"Usaha apa misalnya?" kembali dia bertanya.

"Misalnya nursery, atau perkebunan. Karena itulah impian saya sejak dulu. Ingin bergelut didunia pertanian. Atau wirausaha lain" jawab saya.

"Lalu, apa yang sudah kamu lakukan sekarang?" lanjutnya.

"Hmmmm....." saya jadi terdiam sejenak. Dengan pelan saya jawab, "Saya belum melakukan apa-apa."

Trainer itu tersenyum dan melanjutkan, "Kalau kamu belum melakukan apa-apa saat ini. Kapan mewujudkannya? Hitunglah menuju 10 tahun yang kamu bilang tadi, sisa berapa tahun lagi?"

Saya tersenyum dan menjawab sambil malu, "Ya sekitar 8 tahun lagi"

"Kalau sekarang kamu bicara soal misi tanpa berusaha mewujudkannya saat ini, semua hanya akan cita-cita saja. Pasti kamu menganggap masih jauh menuju 10 tahun tersebut. Tapi tanpa terasa waktu akan cepat berlalu, dan 10 tahun itu akan segera berakhir. Semua harus dimulai hari ini, karena ketika kamu menundanya, maka kamu akan terus menundanya."


Hmmm,, memang benar sih... Ketika kita, saya menunda suatu pekerjaan dengan alasan, "ahh masih bisa besok buka usahanya" maka akan terjadi hal yang sama juga besok harinya. Yang akhirnya jadi malas trus gagal deh.

Mungkin ini suatu penyakit kali ya, alias penyakit malas...

Jadi, mulai sekarang ketika punya keinginan maka harus diwujudkan segera. Karena kalau keburu terjangkit penyakit malas, pasti deh ujung-ujungnya tertunda...tertunda....akhirnya batal alias gagal.

So....Semangat..... for a better life...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)