Wednesday, December 21, 2011

Pilih jadi peserta atau pengajar ???

Hoooaaaaammmmm..... *dibarengi dengan nguap

Materi yang membosankan, yang ngajar kurang interaktif, suhu ruangan yang terlalu dingin dan sejuta alasan lain yang selalu aja bikin saya ngantuk kalo ada di ruang kelas. Rasanya setan yang satu ini selalu berhasil menggoda saya, nggak sampe bikin saya tertidur sih. Tapi yang jelas bikin saya nguap-nguap terus.

Obat yang bisa bikin rada melek itu salah satunya minum, tapiiiii....dengan sering minum walaupun sedikit demi sedikit di tambah suhu ruangan yang amat sangat dingin, malah bikin saya bolak-balik ke toilet. Tapi memang dengan ke toilet bikin badan gerak dan lebih seger.

Selain pake air, supaya melek bisa dengan ngunyah/isap permen, tapi sayangnya penyakit ngantuk saya ini datang lagi kalau permennya habis. Ya masa tiap kali permennya habis trus mau ngisap permen lagi. Lama-lama malah batuk atau sakit tenggorokan bisa-bisa.

Nah, di dunia ajar mengajar ini ada yang disebut namanya Jam sakti. Waktunya kira-kira terjadi setelah jam makan siang. Kenapa saya bilang sakti? Karena di sekitar jam-jam itu yang ngajar akan berubah menjadi sakti. Sebentar keliatan, sebentar ilang.... Sebentar keliatan, sebentar ilang.... Hahahaha.... Alias pesertanya udah mulai ngantuk berat trus ketiduran dikit-dikit. Ya gimana nggak, dingin ruangan plus perut kenyang. Uenak banget deh buat tidur... :p

Selain itu, saat jadi peserta pendidikan bawaannya itu pengen supaya waktunya cepet berlalu. Baru sebentar aja udah pengen buru-buru buat break/istirahat. Yang ada di otak itu, "Kapan break? Kapan istirahat? Kapan pulang" Hahahaha.....

Saat break tiba... Huuuaaaaa langsung deh di serbu tuh makanan yang ada... hehehe.... Pas lagi gitu sih mata memang melek, tapi setelah balik ke ruangan ya ngantuk lagi deh. Wkwkwkwk...

Itu kalo posisi lagi jadi peserta pendidikan. Gimana kalo kebalikannya? Yaitu jadi yang berdiri di depan kelas, alias si instruktur atau pengajar.

Kalo jadi pengajar ternyata keadaannya nyaris 180 derajat berbeda. Nyaris aja ya... Hehehe...

Pertama. Suhu ruangan mau sedingin apapun yang namanya pengajar (saya sih... Nggak tau yang lain.. hehehe...) gak ngerasain ruangan itu dingin. Yang ada juga panas dingin trus keringet ngucur di badan bagian belakang (ini sih saya rasain di awal-awal pertama kali ngajar).

Kedua. Lupa sama waktu, atau waktu terasa sangat lama. Keadaan ini bisa salah satu yang terjadi. Kalau kita memang menguasai materi dan menikmati, waktu bisa sangat cepat berlalu. Bahkan lupa waktu sampe nyaris melewati waktu break dan pesertanya udah protes minta break. Tetapi kalau materinya tidak dikuasai, ngajarnya bakalan terasa lamaaaaaaa banget. Dan selalu ngeliatin anak jarum jam, "Kapan waktu breaknya..." sambil mikirin mau ngomong apa lagi habis ini.

Ketiga. Gak akan pernah ngantuk. Nggak lucu banget kan kalau yang ngajarnya yang ketiduran. Udah di suruh berdiri depan kelas, cuap-cuap plus nyanyi-nyanyi pula, masa iya masih ngantuk juga. Hahaha... Kalau udah kayak gini sih ga perlu deh yang namanya permen. Paling juga butuh minum karena tenggorokan udah kering karena ngomong mulu.

Keempat. Males break. Kalau ini ga tau sih berlaku bagi semua atau nggak. Yang jelas kalau saya lagi ngajar, bawaannya itu kenyang aja. Jadi kalau pesertanya udah pada kabur buat ambil makanan, saya tenang-tenang aja duduk manis di dalam kelas. Capek berdiri, capek ngomong jadi ya diem aja. Nge-charge batre dulu. Lumayan 15 menitan.

Kelima. Males ke toilet. Walaunpun minumnya dikit-dikit dan ruangan yang dingin, ternyata ga terlalu bikin kebelet. Nggak tau sih kenapa bisa begini, tapi kalo lagi ngajar memang saya ke toilet cuma pas istirahat dan mau pulang aja. Saat break juga males buat keluar kelas.

Selain itu, saat jadi pengajar kudu rela deh dijadiin bahan ledekan peserta. Kenapa jadi bahan ledekan? Ya apa saja memang bisa di jadiin bahan pembicaraan, selingan ngajar daripada kelasnya garing yang akhirnya saling ledek-ledekan sama peserta.

Waktu pasti akan makin lamaaaaa berlalu kalau kelasnya nggak interaktif. Daripada gitu, ya rela-rela aja deh buat saling ledek-ledekan sama peserta. Ya kalau di ledek biasanya saya bales ledek lagi. Supaya interaktif aja, dan pesertanya nggak bosen juga.

Intinya sih, mau jadi pengajar atau peserta semua punya peran masing-masing. Kalau nggak ada peserta, kan nggak mungkin pengajarnya cuap-cuap sendirian. Trus kalau nggak ada pengajar, ntar kelasnya kayak anak ayam kehilangan induknya deh... (Nggak ko ini asal aja)

1 comment:

  1. kalo yang ngajar cantik ya musti rela di ejekin sama peserta.. kekeke

    ajeng

    ReplyDelete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)