Sunday, July 22, 2012

Puasa Tahun ke-4

Tahun ini merupakan puasa tahun ke-4 saya bernaung di bawah bendera BRI. Baru empat tahun tapi gak terasa yah.

Tadi siang secara tidak sengaja saya tersadar tentang hal ini ketika baca status BBM salah seorang teman “tahun ke-3 puasa di pku”. Trus saya jadi berpikir sendiri, masa iya sih dia sudah 3 tahun di pekanbaru. Saat liat recent status senior saya di kantor yang sudah turun gunung ke cabang, dia pun menulis status yang nyaris sama “3 tahun sudah puasa bertemu dg kemacetan” (kalau ga salah seperti itu).

Saya jadi mikir, kalau mereka puasa tahun ke-3 di tempat mereka sekarang, saya pun begitu dong? Saya diam sejenak. Oiya ya… *nyengir*

Saya jadi ingat. Saya juga sudah puasa tahun ke-3 di Divisi Layanan sekaligus tahun ke-4 di BRI.

Tahun pertama waktu itu saya lalui bersama teman-teman BRI PPS 8, 9, 10, Audit-2 di Hotel Santika KS Tubun. Saat itu kami sedang melalui in house training, alhamdulillahnya sebulan selama puasa kami benar-benar belajar dan hanya belajar. Iya… full sebulan di Hotel Santika.

Tahun kedua puasa saya sudah ada di Bagian LSO Divisi Layanan KP BRI. Saat itu saya masih jadi anak baru disini. Waktu itu walau pun sudah kos, tapi selama bulan puasa saya memutuskan untuk pulang-pergi dari rumah ke kantor. Alhasil selepas sahur dan sholat subuh saya langsung melaju untuk pergi ke kantor. Begitu juga pulangnya, saat jam menunjukkan pukul 15.45 langsung saya bergegas pulang. Tapi seringnya ya buka puasa di jalan juga. Perjuangan icip kolak buatan mama.

Akhirnya saya bertemu juga dengan puasa tahun ketiga. Saya memutuskan untuk puasa sebagai anak kos-kosan. Ngirit waktu supaya gak tua di jalan :p

Karena gak ngejar waktu untuk buka puasa di kos, jadi saya nggak pulang tenggo dari kantor. Malah saya jadinya wisata kuliner panganan berbuka di sekitar kantor. Terutama di dekat pasar benhil. Kan langganan tuh setiap tahun pasti masuk ke acara wisata kuliner di Tv. Padahal mah kalo kunjungan kesana yang ada pusing saking banyaknya orang disana. Belum lagi kalo pas ada yang syuting acara Tv. Puadeeeet….

Yang unik di tahun lalu. Di kantor kita berbagi jadwal untuk lembur lebaran. Waktu itu saya pilih untuk lembur di hari kedua lebaran. Lumayan kan, karena saya memang gak mudik kemana-mana, eh dapet uang lemburan. Hehe…

Tetapiiiii,,,, gara-gara ‘keributan’ hari lebaran waktu itu, pemerintah menetapkan hari pertama lebaran jadi mundur satu hari dengan yang ada di kalender. Ya alhasil lebaran pertama adalah jadwal saya lembur. Whaaat???? Iyooo,,, betul banget. Jadi setelah sholat ied trus salam-salaman dengan orang di sekitar rumah trus ke rumah nenek (untuk dekat, ngesot juga sampe) buat silaturahmi, langsung deh melaju ke tol.

Untungnya bus jurusan kalideres sudah siap siaga. Dan gak sampe setengah jam saya sudah sampe di kantor tercinta. Lembur bersama 4 rekan kerja yang lain. Dengan bawa bekal ketupat dan rendang buatan mama yang enaknya kebangetan itu, kami santap panganan lebaran sembari lembur. Mantap deh…

Kali itu memang benar-benar deh, pertama kalinya saya lembur saat lebaran. Tahun ini?!?! Hmmm,,, lembur lagi gak yah….

Sampailah sekarang di puasa tahun ke-4. Yup! Memasuki puasa tahun ke-4 , ga terasa yah…

Nyaris sama dengan puasa tahun lalu. Ada perbedaan awal puasa gara-gara ngeributin si Hilal. Iya bener! Dan mungkin saja nanti juga akan diributin lagi nih pas menjelang lebaran. Indonesia oh Indonesia… Untuk puasa dan lebaran aja gak bisa akur.

Di awal puasa kemarin ini. Sebagian menentukan untuk memulai hari jumat dan sebagian lagi di hari sabtu. Terus terang, saya juga ikut-ikutan galau. Hingga kamis malam saya belum menentukan mau puasa di hari apa.

Muhammadiyah memang sudah menentukan awal puasa di hari jumat. Dan sebagian ulama lain juga begitu.

Saya bingung. Karena saya bukan aliran mana-mana. Jadi saya belum punya keputusan. Sms orang di rumah, katanya puasa ikut pemerintah. Teman-teman di kos-kosan juga begitu. BBM teman, dia ingin jumat tetapi karena suaminya sabtu jadi ya dia ikut suaminya.

Akhirnya menjelang malam, saya masih saja stalking timeline twitter. Lihat pembicaraan orang-orang mengenai awal puasa.

Kalo Ust. Yusuf Mansyur dia sudah memutuskan awal puasa di hari jumat. Tetapi dia mengutarakan agar semua tetep kalem dan gak pake urat. Ya intinya sih saling menghargai dan menghormati keputusan masing-masing individu. Gak usah berdebat kalau orang di sekitar puasanya beda.

Menjelang tengah malam, Ust. Felix Siauw yang awalnya akan puasa di hari sabtu pun memutuskan untuk puasa esok hari (jumat) karena mengikuti Hilal global. Katanya di beberapa Negara Hilal sudah tampak. Jadilah keputusannya puasa di hari jumat.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk puasa. Dan esoknya saya puasa pertama dengan makanan seadanya. Tebak dengan apa? Dengan 7 butir kurma. Saya memang punya stok kurma sebagai camilan di kosan. Hehe…

Di kantor, ternyata hanya beberapa orang saja yang mulai puasa. Tetapi gpp. Kan kita semua saling menghormati dan menghargai pilihan masing-masing. Jangan kan di kantor, saat pulang ke rumah saya sendiri yang berbuka puasa. Karena orang-orang rumah baru akan puasa di hari sabtu. Perbedaan itu boleh ada yang penting bagaimana kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Jadi,, puasa tahun ke-3 di Divisi Layanan sekaligus tahun ke-4 di BRI.  Tahun depan dimana yah? J

Happy fasting all of you…

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)