Sunday, August 19, 2012

Menulis Adalah Cara Saya Bercerita

Pernah gak kamu ketemu orang yang gak terlalu banyak omong atau bicara seperlunya? Atau punya teman yang kalau di dunia nyata tingkahnya biasa aja tapi saat di dunia maya dia seperti sosok yang berbeda?

Di lingkungan sekitar saya menjumpai hal-hal seperti ini, contohnya ada seorang teman yang kalau di dunia nyata orangnya itu diem banget tapi kalau di dunia maya kicauannya luar biasa. Ada pula teman yang begitu asik dan rajin bercerita melalui blognya.

Sifat manusia itu memang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang memang orangnya diam dan memang aslinya begitu, ada yang bawel dan gak bisa berhenti kalau udah bicara, ada juga yang diam tapi 'bawel' setelah ketemu dengan dunianya.

Menurut saya setiap orang memiliki cara masing-masing dalam bercerita. Baik itu yang bercerita kepada teman, bercerita melalui tulisannya baik di buku diari, bercerita melalui cerpen atau novelnya atau yang semakin banyak diminati sekarang adalah melalui blog.

Saya termasuk orang yang senang menulis, karena melalui tulisan saya bisa bercerita. Mengeluarkan segala isi kepala dengan cara saya, melihat dan bercerita tentang sesuatu dari sudut pandang yang belum tentu sama dengan orang lain. Dan rasanya tak perlu khawatir tak di dengar, karena menulis adalah bertutur dan mendengar dengan cara yang berbeda.

Selain itu, sayang kan kalau ada peristiwa bersejarah atau unik hanya akan menjadi sebuah kisah saja, yang pada akhirnya akan hilang di telan masa. Atau bukankah akan lebih indah jika kejadian yang baik dapat kita bagi, siapa tahu ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain.

Menulis adalah cara saya bercerita. Karena selain menjadi terdokumentasi, hal tersebut juga sebagai sarana latihan apakah yang saya tuangkan lewat tulisan dapat dimengerti orang yang membaca atau tidak. Karena tentu saja,bicara lisan dengan bertutur melalui tulisan adalah hal yang berbeda.

Karena dapat kita jumpai, ada tipe orang yang jago dalam bernegosiasi tapi belum tentu pintar dalam membuat teks pidato. Dengan kata lain orang tersebut pintar bicara tapi belum tentu baik menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Begitu juga kebalikannya, ada yang begitu jago dalam merangkai kata, tapi kalau disuruh bicara yang ada adalah aa eu a eu, alias terbata-bata.

Semua tidak ada yang salah. Karena manusia memang diciptakan tidak ada yang sempurna. Dan semua saling melengkapi satu sama lain. Yang pintar bicara butuh seseorang untuk membantunya membuat teks pidato. Dan sang konseptor juga butuh negosiator untuk membantunya meraih keberhasilan.

Jadi apa caramu bercerita?

8 comments:

  1. Saya juga sedang belajar bercerita lewat tulisan di blog nih kak.

    Saya kan orangnya pendiam banget di kehidupan sehari hari (idihh!), agak kaget juga ternyata di Internet bisa jadi orang yang rame .. :dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kan bisa rame di dunia maya...
      Ayooo, mari kita ramaikan dunia perblog-an....
      Caiyo... :)

      Delete
  2. Saya juga sering menemukan yang seperti itu,, termasuk diri saya sendiri.. Hihi
    Lebih baik disuruh merangkai kata lewat tulisan dibanding harus merangakai kata secara lisan.Gugup euyy,, hehe

    Tapi sekarang lagi sementara belajar merangkai kata secara lisan.. Persiapan buat ngadapin ujian proposal sm skripsi tahun 2013. :D
    Insya Allah, amin. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,,, betul banget, nina... :)
      Saya sendiri kadang lebih mudah untuk merangkai kata sebagai bahan tulisan di blog ketimbang ngerjain kerjaan kantor.... :D

      Btw, Sukses yaaa untuk proposal dan skripsinya... Aamiin...

      Delete
  3. Hihihi, aku geer sendiri waktu baca "..ada juga yang diam tapi 'bawel' setelah ketemu dengan dunianya..." ngerasa aku begitu Yu.. :p
    Tapi bener Yu, aku mendingan disuruh curhat atau cerita lewat tulisan berhalaman2 daripada disuruh ngomong. Nggak tau kenapa nggak ngalir dan jadi nggak sesuai maksud aja jadinya kalau diomongin..
    Menulis juga jadi caraku bercerita.. ;) *toss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. (/^,^)/ \(^,^\)
      *tos*
      Hehe....
      Betul bo, kalau penyampaian lewat tulisan itu lebih enak dan bisa lebih pas yah...
      Berasa semua emosi dan perasaan bisa tertuang...

      Delete
  4. wah, gue banget ini tulisan
    saya juga termasuk orang yang pendiam, sulit untuk mengeluarkan unek2
    tapi, kalo di blog lancar2 aja nulisnya. hehe

    mampir2 sis ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir...

      Wah, ternyata banyak yg seperti itu ya, lebih senang berselancar dengan tulisan :)
      Memang seru dan asik meramaikan dunia tulis menulis.

      Ok, siap meluncur ke blognya...

      Delete

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)