Friday, August 17, 2012

Yakin kalau udah merdeka?

Hari ini tepat 17 agustus, yang disebut-sebut sebagai hari lahirnya bangsa indonesia. Mer....de...ka.... Sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih di kandung badan...

Eh,,,, itu sih malah jadi lagu kemerdekaan indonesia. Hehehe....

Tapi apa yakin kalo bangsa ini udah merdeka?

Menurut saya sih belum. Belum merdeka sepenuhnya. Mungkin secara de facto memang kita sudah merdeka. Tapi dalam banyak hal sepertinya bangsa ini masih belum merdeka, bahasa halusnya sih bentuk penjajahannya yang di kemas berbeda kali yah.

Untuk soal ini kita semua punya pendapat masing-masing. Ada yang bilang kita di jajah produk asing yang merajai industri dalam negeri, ada juga budaya kita yang nyaris hilang karena tergerus budaya asing, ataupun kita yang sudah terjajah teknologi hasil produk luar negri sana.

Tapi sekarang saya bukan mau bicara hal itu.


Merdeka....

Apa sih arti merdeka itu sebenarnya?

kalau dari kamus bahasaindonesia.org arti merdeka itu adalah bebas dari penjajahan, berdiri sendiri, tidak tergantung kepada orang lain atau pihak tertentu.

Mungkin secara singkatnya saya bilang, merdeka itu bisa menentukan sesuatu yang dirasa baik dengan cara pemikiran sendiri dan tanpa ketergantungan pihak lain. Ini hanya pendapat saya saja lho...

Lalu, apakah kamu sudah merasa merdeka?

Merdeka menjadi diri sendiri? merdeka untuk menentukan hidupmu sendiri? Merdeka dengan belajar untuk menjadi lebih baik.

Merdeka untuk mengungkapkan pendapat, merdeka untuk memiliki kebebasan yang bertanggung jawab, merdeka untuk berkembang lebih baik.

Merdeka dari ketakutan terhadap seseorang, merdeka dari rasa kecemasan akan hari esok, merdeka dari ketidakyakinan akan masa depan.

Jadi,, coba sekarang kamu tanya sama diri kamu sendiri. Tanya ke dalam hati. Yakin kalau sekarang kamu sudah merdeka?

Yang bisa jawab itu hanya diri kamu sendiri. Dan dalam bentuk apa kemerdekaan itu, hanya kamu sendiri yang tahu.

Bentuk kemerdekaan itu bisa berbeda bagi setiap orang. Kamu, saya, dia, atau siapapun diluar sana boleh saja memiliki pendapat berbeda soal ini, dan bisa jadi memiliki bentukan yang berbeda pula soal merdeka ini.

Apapun itu,,, semoga kita bisa memiliki kemerdekaan itu... merdeka dari rasa cemas, merdeka dari ketakutan atau dari kekhawatiran yang berlebih.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan tinggalin jejak yaa... Terimakasih sudah berkunjung... :)